AFF Cup 2021

Video Highlight Timnas Indonesia vs Thailand Leg 1 Final Piala AFF

Kontributor: Rofi Ali Majid - 30 Des 2021 07:20 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Video highlight Timnas Indonesia vs Thailand leg 1 final Piala AFF 2021 dapat ditonton di Vidio.com. Temukan link video highlight final AFF Cup di sini.
tirto.id - Video hilight pertandingan Timnas Indonesia vs Thailand dalam final Piala AFF 2021 leg 1 bisa ditonton di Vidio.com. Duel di Stadion Nasional Singapura pada Rabu (29/12/2021) berakhir dengan skor 4-0 untuk kemenangan Thailand. Hasil itu membuat beban Garuda kian berat karena harus mengejar ketertinggalan agregat pada final leg 2.

Dalam pertandingan final leg 1, Shin Tae-yong mengusung formasi bertahan 5-4-1. Asnawi Mangkualam menjaga pos bek kanan, Edo Febriansyah sebagai bek kiri, lalu Rizky Ridho dan Fachruddin Aryanto mengamankan jantung pertahanan, dibantu Alfeandra Dewangga yang punya peran ganda sebagai bek tengah sekaligus gelandang bertahan.

Lalu, Rachmat Irianto juga bermain sebagai gelandang bertahan. Di depannya ada Ricky Kambuaya selaku pembagi bola. Dedik Setiawan diplot sebagai ujung tombak, ditopang Irfan Jaya dan Witan Suleman dari sisi sayap.

Sementara itu, Alexandre Polking memainkan formasi 4-3-1-2 untuk Thailand. Juru taktik blasteran Jerman-Brasil tersebut merotasi pemain dengan 7 wajah baru yang tak jadi starter dalam semifinal leg 2 lawan Vietnam.


Jalannya Laga Timnas Indonesia vs Thailand Leg 1


Pada awal pertandingan, Philip Roller langsung mengobrak-abrik sisi kiri pertahanan Garuda. Hanya butuh 90 detik sejak peluit kick-off ditiup, Gajah Perang langsung unggul berkat sontekan Chanathip Songkrasin yang memanfaatkan kemelut.

Berikutnya skuad The Elephant War terus menguasai laga dan hampir menggandakan skor pada menit ke-13. Bordin Phala melesakkan tembakan yang gagal dibendung Nadeo.

Beruntung ada Asnawi yang melakukan penyelamatan gemilang, pemain Ansan Greeners itu jadi tembok terakhir di bawah mistar untuk menghalau terjadinya gol.

Kendati terus mendapat tekanan, Timnas Indonesia sebenarnya hampir menyamakan kedudukan lewat Dewangga yang menerima umpan Witan dari sisi kiri lapangan. Namun, Dewangga yang tanpa kawalan di mulut gawang gagal mengeksekusi peluang emas itu jadi gol. Tembakannya melenceng jauh di atas atas mistar tim lawan. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Shin Tae-yong memasukkan 3 wajah baru. Elkan Baggott mengganti Fachrudin, Edo ditukar Kadek Agung, lalu Evan Dimas menggantikan Rachmat Irianto.

Dengan pergantian tersebut, formasi Garuda berubah jadi 4-1-4-1. Dewangga dipindah untuk mengisi bek kiri, Kadek Agung sebagai gelandang bertahan, lalu Evan Dimas dan Kambuaya mengatur lini tengah.

Namun, dengan kehilangan Dewangga dan Irianto di pos gelandang bertahan, Indonesia kian digempur oleh Thailand. Hanya 7 menit setelah babak kedua, Songkrasin kembali menjebol gawang Nadeo, memanfaatkan assist dari Supcahok Sarchat.

Setelah itu, Alexandre Polking memasukkan Thitiphan Puangjan dan Supachai Chaided secara bersamaan pada menit ke-61. Dua amunisi baru Thailand direspons oleh Shin Tae-yong dengan memasukkan Egy Maulana Vikry yang menggantikan Kambuaya.

Dengan situasi yang terus tertekan, Indonesia akhirnya kembali kebobolan 2 gol lewat sontekan Supcahok Sarchat menit 67 dan Bordin Phala menit 83. Skor 4-0 bertahan hingga akhir pertandingan.


Pencetak Gol Indonesia vs Thailand

Indonesia: -

Thailand:

  • Chanathip Songkrasin 2', 52'
  • Supcahok Sarchat 67'
  • Bordin Phala 83'

Susunan Pemain Indonesia vs Thailand Leg 1


  • Indonesia (5-4-1): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto (Elkan Baggott 46'), Alfeandra Dewangga, Edo Febriansah (Kadek Agung 46'); Witan Sulaeman, Rachmat Irianto (Evan Dimas Darmono 46'), Ricky Kambuaya (Egy Maulana 63'), Irfan Jaya (Ramai Rumakiek 73'); Dedik Setiawan | Pelatih: Shin Tae-yong.
  • Thailand (4-3-1-2): Siwarak Tedsungnoen (Kawin 75'); Tristan Do, Elias Dolah, Kritsada Kaman, Philip Roller; Bordin Phala, Phitiwat Sookjitthammakul (Thitiphan Puangjan 61'), Weerathep Pomphan; Chanathip Songkrasin; Supcahok Sarchat, Teerasil Dangda (Supachai Chaided 61') | Pelatih: Alexandre Polking.

Statistik Indonesia vs Thailand Leg 1


Berikut statistik pertandingan final AFF Cup 2021 leg 1 yang disitat dari laman resmi AFF.

INDONESIA VS THAILAND
0 Score 4
33% Ball Possession 67%
13 Free Kick 21
2 Off Sides 2
1 Shots On Target 8
3 Shots Of Target 8
72% Pass Accuracy 85%
0 Bloked Shots 2
4 Saved By Goalkeeper 1
22 Fouls 14
1 Yellow Cards 2
0 Red Cards 0

Video Highlight Timnas Indonesia vs Thailand Leg 1


Video highlight Indonesia vs Thailand dalam final Piala AFF 2021 leg pertama pada 29 Desember 2021 bisa disaksikan melalui Vidio.com dengan klik tautan di bawah ini.

Link Vidio Hilight Indonesia vs Thailand Final Piala AFF Leg 1


Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2021 atau tulisan menarik lainnya Rofi Ali Majid
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Rofi Ali Majid
Penulis: Rofi Ali Majid
Editor: Ibnu Azis

DarkLight