Pandemi COVID-19

Vaksinasi Corona Dimulai, Jokowi Ingatkan Warga Tetap Patuhi Prokes

Oleh: Andrian Pratama Taher - 13 Januari 2021
Jokowi kembali mengingatkan warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan meski vaksinasi COVID-19 telah dimulai.
tirto.id - Presiden Joko Widodo menegaskan pelaksanaan vaksinasi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/1/2021) adalah awal dari program vaksinasi. Ia mengatakan, vaksinasi akan terus dilanjutkan di seluruh Indonesia. Meski begitu, masyaratak tetap diimbau agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Setelah kita melakukan vaksinasi perdana ini, nanti akan terus dilanjutkan vaksinasi di seluruh provinsi kabupaten dan kota di seluruh tanah air," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/1/2021).

Dalam sambutan tersebut, Jokowi mengucapkan terima kasih kepada para perwakilan agama dari MUI, Muhammadiyah, PBNU, Matakin, Permabudhi, dan PHDI. Kemudian ia juga mengucap terima kasih kepada perwakilan tenaga kesehatan dari IDI dan perawat serta juga berterima kasih dengan perwakilan guru dan buruh yang ikut program vaksinasi perdana.

Jokowi menuturkan, vaksin yang disuntikan adalah vaksin yang telah mendapat izin penggunaan darurat dari BPOM serta mendapat fatwa halal dari MUI.

Bagi Jokowi, keberadaan vaksin COVID-19 penting demi memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia serta dampak lanjutan dari pandemi COVID-19.

"Vaksinasi Covid-19 ini penting kita lakukan untuk memutus rantai penularan virus Corona ini dan memberikan perlindungan kesehatan kepada kita dan keselamatan keamanan bagi kita semuanya masyarakat indonesia dan membantu percepatan proses pemulihan ekonomi," kata Jokowi.

Jokowi pun kembali mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Ia mengingatkan, vaksinasi tidak berarti mengurangi pelaksanaan protokol kesehatan.

"Meskipun telah dilaksanakan vaksinasi, saya ingin mengingatkan kembali pentingnya disiplin terhadap protokol kesehatan ini tetap kita lakukan memaki masker, mencuci tangan menjaga jarak dan menghindari kerumunan," kata Jokowi.


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Abdul Aziz
DarkLight