Urutan Nonton Film Horor Scream, Sinopsis, & Trailernya

Oleh: Yonada Nancy - 15 Januari 2022
Dibaca Normal 2 menit
Waralaba Scream telah memproduksi film kelimanya pada Januari 2022. Simak urutan, sinopsis, serta trailer Scream 1, 2, 3, 4, dan 5.
tirto.id - Scream merupakan salah satu waralaba film horor terpopuler di dunia. Film pertama Scream dirilis pada 1996 dan disutradarai oleh Wes Craven.

Film kedua, ketiga, dan keempat rilis secara berurutan pada 1997, 2000, dan 2011. Seri keempat menjadi film Scream terakhir yang disutradarai oleh Craven sebelum ia meninggal pada 2015.

Saat ini, film tersebut telah merilis seri kelimanya pada Januari 2022. Film Scream 5 awal dijadwalkan tayang pada 11 Januari 2022. Namun, karena varian COVID-19 Omnicorn yang muncul di sejumlah negara, membuat perilisannya ditunda pada 14 Januari 2022.

Melansir IMDb, di seri kelima Scream kursi sutradara diserahkan pada Matt Bettinelli-Olpin dan Tyler Gillet. Kendati demikian, produksi kelima seri tetap melibatkan sang penulis utama, Kevin Williamson.

Scream, merupakan film horor-thriller yang menceritakan seorang pembunuh brutal yang disebut sebagai Ghostface. Sejak awal film, pembunuh tersebut meneror kehidupan seorang wanita bernama Sidney Prescott dan orang-orang disekitarnya yang ada di kota Woodsboro.

Waralaba Scream menawarkan kisah horor dan menegangkan khas film slasher. Aksi pembunuhan brutal akan mewarnai sepanjang kisah film horor tersebut. Oleh karena itu, seluruh film Scream memperoleh rating R dimana hanya dapat ditonton oleh orang dewasa berusia 17 tahun keatas.

Saat ini film Scream sudah ditayangkan di sejumlah bioskop di Indonesia. Namun, sebelum menonton seri kelimanya, Anda direkomendasikan untuk mengetahui urutan serta sinopsis empat film sebelumnya untuk memperoleh pengalaman menonton terbaik.

1. Sinopsis Scream (1996)


Film Scream pertama mengisahkan tentang seorang gadis SMA bernama Sidney Prescott (Neve Campbell) yang mendapat teror setelah kematian ibunya. Teror bukan hanya dialami oleh Sidney, melainkan seluruh teman-temannya di Woodsboro.

Teror dimulai dengan panggilan telepon yang menanyakan beberapa pertanyaan, salah satunya "apa film horor favoritmu?" Panggilan telepon itu secara bergantian diterima oleh teman-teman Sydney.

Setelah telepon berakhir, kejadian menakutkan dan pembunuhan berdarah terjadi. Seseorang dengan jubah hitam serta topeng putih akan muncul dan menargetkan setiap orang di hadapannya untuk dibunuh.

Trailer film Scream (1996) bisa dilihat melalui link berikut:

Trailer film Scream 1996 IMDb


2. Sinopsis Scream 2 (1997)


Film Scream 2 dikisahkan terjadi dua tahun setelah insiden pembunuhan pertama. Teror Ghostface kembali muncul ketika Sidney Prescott dan Randy meninggalkan Woodsboro untuk pergi ke Perguruan Tinggi Windsor.

Sidney mencoba untuk memulai kehidupan yang baru dengan tenang, hingga tanda-tanda kemunculan Ghostface kembali terjadi. Sidney mencoba mengungkap siapa sebenarnya sosok dibalik Ghostface. Ia mendapat bantuan dari Dewey Riley dan Gale Weathers, yaitu seorang polisi dan jurnalis setempat.

Mampukah mereka menemukan pembuhuh yang sebenarnya?

Trailer film Scream 2 (1997) bisa dilihat melalui link berikut:

Trailer film Scream 2 1997 IMDb


3. Sinopsis Scream 3 (2000)


Film Scream 3 mengisahkan tentang produksi film Stab 3 yang terinspirasi dari pembunuhan Woodsboro. Selama film tersebut diproduksi, seorang pembunuh berantai kembali berkeliaran meneror banyak orang.

Sidney, Gale, dan Dewey yang merupakan saksi hidup dari insiden asli kembali dipertemukan di Hollywood berkat situasi tersebut. Mereka menyadari bahwa mereka sedang berhadapan dengan sebuah trilogi, dan dalam sebuah trilogi apa pun bisa terjadi.

Trailer film Scream 3 (2000) bisa dilihat melalui link berikut:

Trailer film Scream 3 2000 IMDb


4. Sinopsis Scream 4 (2011)


Film Scream 4 masih mengisahkan tentang Sidney Prescott yang kini menjadi penulis sukses. Ia memutuskan untuk pulang ke Woodsboro setelah melakukan tur bukunya.

Ia kembali dipertemukan dengan Sherif Dewey dan Gale yang kini telah menikah. Ia juga bertemu dengan sepupunya Jill dan bibinya Kate.

Namun, kembalinya Sidney ke Woodsboro memicu kembali munculnya Ghostface. Hal ini menyebabkan Sydney, Gale, Dewey, Jill serta teman-temannya, dan seluruh penduduk kota Woodsboro dalam bahaya.

Trailer film Scream 4 (2011) bisa dilihat melalui link berikut:

Trailer film Scream 4 2011 IMDb


5. Sinopsis Scream 5 (2022)


Film Scream 5 dikisahkan terjadi 25 tahun setelah pembunuhan brutal di Woodsboro. Seorang pembunuh baru dengan topeng Ghostface kembali muncul dan menargetkan pembunuhan kepada sekelompok remaja.

Belum jelas apa motifnya, namun rangkaian insiden tersebut menghidupkan kembali rahasia dari masa lalu di kota kecil tersebut. Sidney kembali ke Woodsboro dan berusaha untuk mengungkap siapa orang dibalik topeng tersebut.

Berikut trailer film Scream 5 yang tayang pada 14 Januari 2022:



Baca juga artikel terkait SINOPSIS FILM SCREAM atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Film)

Penulis: Yonada Nancy
Penyelia: Yantina Debora
DarkLight