Ukuran Penis Pengaruhi Kepuasan Seksual? Simak Hasil Risetnya

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari, tirto.id - 24 Nov 2022 11:57 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Dalam sebuah penelitian 45 dari 50 perempuan mengatakan bahwa lebar penis lebih penting untuk kepuasan seksual daripada panjang penis.
tirto.id - Ukuran penis kerap kali dikaitkan dengan kenikmatan seksual yang didapat oleh pasangan. Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa ukuran penis yang kecil kurang mampu memberikan kepuasan pada pasangannya.

Selain ukuran penis, bentuk penis juga kerap dikaitkan dengan kenikmatan yang didapat pasangan saat melakukan hubungan seksual.

Namun sebenarnya berapa ukuran penis yang ideal dan apakah benar ukuran penis berhubungan dengan kenikmatan seksual saat melakukan hubungan seks dengan pasangan?

Dilansir laman Medical News Today, telah banyak peneliti ilmiah dilakukan untuk mencoba menjawab pertanyaan tentang berapa ukuran penis rata-rata?

Sebuah artikel penelitian tahun 2019 yang di-publikasikan oleh Pubmed NCBI mencatat bahwa kebanyakan pria percaya panjang rata-rata ukuran penis yang ideal saat ereksi adalah sekitar 15,2 sentimeter (cm) atau 6 inci, bahkan, rata-rata jauh lebih kecil.

Meskipun ukurannya sangat bervariasi, panjang rata-rata penis mungkin mencapai 12,9–13,97 cm (5,1–5,5 inci). Sebelumnya, pada 1996, para ahli bahkan melakukan penelitian yang menghasilkan seperangkat pedoman kapan seseorang mungkin memerlukan pembedahan untuk pembesaran penis karena masalah kesehatan tertentu.

Studi ini mengukur dimensi penis dari 80 pria sebelum dan sesudah ereksi yang diinduksi obat. Para peneliti menyimpulkan bahwa ukuran penis rata-rata adalah 8,8 cm (3,5 inci) saat sebelum ereksi dan 12,9 cm (5,1 inci) saat ereksi. Studi ini juga menemukan bahwa tidak menemukan hubungan antara usia dan ukuran penis.

Para peneliti menyimpulkan “hanya pria dengan panjang penis sebelum ereksi kurang dari 4 cm (1,6 inci), atau panjang penis saat ereksi mencapai 7,5 cm (3 inci) yang dianggap sebagai kandidat untuk melakukan bedah memperpanjang penis.”

Kemudian, sebuah tinjauan pada 2014 melakukan pengukuran yang dilakukan oleh profesional kesehatan terhadap 15.521 pria berusia 17 tahun ke atas. Hasil pengukuran rata-rata adalah sebagai berikut:

- panjang penis sebelum ereksi: 9,16 cm (3,6 in) saat diregangkan

- lingkar penis sebelum ereksi: 9,31 cm (3,66 in)

- panjang penis saat ereksi: 13,12 cm (5,16 in)

- lingkar penis saat ereksi: 11,66 cm (4,59 in)

Pada tahun 2014, peneliti juga menerbitkan temuan dari sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 1.600 pria di Amerika Serikat.

Dalam penelitian ini, dimensi rata-rata untuk penis yang ereksi adalah panjang 14,2 cm (5,6 inci) dan lingkar 12,2 cm (4,8 inci).

Lantas, apakah benar ukuran penis mempengaruhi kepuasan seksual pada perempuan?

Apa ukuran penis mempengaruhi kepuasan seksual pada perempuan?


Tak sedikit pria yang mungkin merasa khawatir apakah ukuran penisnya akan sesuai dengan keinginan pasangannya dan bisa memuaskan pasangannya secara seksual.

Namun, beberapa penelitian yang lebih tua menunjukkan bahwa panjang penis tidak penting bagi banyak pasangan wanita.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Pubmed NCBI, menunjukkan bahwa 77% perempuan yang menyelesaikan kuesioner mengatakan panjang penis tidak penting atau sama sekali tidak penting, dibandingkan dengan 21% yang menyatakan penting atau sangat penting.

Dalam survei lain, 45 dari 50 perempuan sarjana yang aktif secara seksual mengatakan bahwa lebar penis lebih penting untuk kepuasan seksual daripada panjang penis.


Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight