Tutup Rapimnas Partai Demokrat, AHY Siap Maju di Pilpres 2024

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 15 Sep 2022 20:01 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Meski percaya diri menerima mandat kader Partai Demokrat jadi peserta Pilpres 2024, AHY tetap harus melihat kompromi dengan partai politik lain.
tirto.id - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menutup agenda Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dengan menerima sejumlah masukan dari para kader baik di level DPC hingga DPD. Dalam pidatonya, AHY berjanji untuk berikhtiar agar bisa ikut andil dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2024.

"Dan terakhir yang saya dengar tadi adalah harapan dari para kader termasuk para ketua DPD hingga DPC yang menyerahkan harapan dan amanah kepada saya untuk juga berikhtiar menjadi bagian dalam kontestasi Pemilihan Presiden di tahun 2024," kata AHY dalam pidato penutupan Rapimnas Partai Demokrat di JCC, Jakarta, Kamis (15/9/2022).

Meski didorong menjadi capres, namun AHY mengatakan masih harus melihat realitas yang ada. Salah satunya adalah kompromi dengan partai kandidat koalisi seperti Nasdem dan PKS perihal nama capres dan cawapres.


"Tapi dalam realitas politik di Indonesia, tentu kita harus membangun kebersamaan dengan partai-partai politik lain. Dengan koalisi yang Insya Allah terbangun. Karena itu adalah satu-satunya jalan agar kita bisa berlayar di tujuan pada 2024 nanti," terangnya.

Dirinya berharap agar bisa mewujudkan dorongan para kader Partai Demokrat yang berharap dirinya menjadi capres atau cawapres di Pemilu 2024.

"Terima kasih. Semua saya catat dan saya jadikan amanah. Kalau tadi ada kata-kata diserahkan kepada saya, maka saya mohon doa restu dan dukungan dari semua agar bisa mendapatkan peluang sejarah tersebut," jelasnya.

Dalam kesempatan itu para kader menyampaikan agar AHY maju dalam kontestasi Pilpres 2024 baik menjadi capres atau cawapres. Salah satu yang menyampaikan kehendak itu adalah Ketua DPD Partai Demokrat Kepulauan Riau Didik Mukriyanto.

"Untuk itu masyarakat sangat berharap bahwa Demokrat bisa bangkit memimpin Indonesia dan titipan aspirasi itu konkret saja. Kami sampaikan saja kami dari seluruh provinsi se-Indonesia dari kabupaten dan kota menginginkan pada Rapimnas ini Mas AHY ditetapkan sebagai satu-satunya calon maju Pilpres yang diusung oleh Partai Demokrat," terangnya.

Adapun agenda berikutnya akan digelar pada Jumat (16/9/2022), yang berisikan pidato kebangsaan AHY. Menurut Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra dalam agenda tersebut AHY akan memberikan jawaban konkret mengenai masa depan politik partai Demokrat seperti nasib koalisi dan jawaban atas permintaan para kader agar dirinya maju.


Baca juga artikel terkait RAPIMNAS PARTAI DEMOKRAT atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Bayu Septianto

DarkLight