Tujuan Hari Pabean Internasional 2023 dan Tema Peringatan

Penulis: Yonada Nancy, tirto.id - 25 Jan 2023 11:10 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Hari Pabean Internasional 2023 diperingati pada Kamis (26/1/2023), berikut tujuan dan tema peringatan tahun ini.
tirto.id - Hari Pabean Internasional atau International Customs Day diperingati setiap tahun pada 26 Januari. Peringatan Hari Pabean Internasional 2023 sendiri akan jatuh pada Kamis (26/1/2023).

Hari Pabean Internasional diprakarsai oleh Organisasi Kepabeanan Dunia (WCO) pada 1983. Secara nasional, peringatan Hari Pabean Internasional diselenggarakan oleh otoritas Bea Cukai dalam negeri.

Sama seperti hari besar lainnya, peringatan Hari Pabean Internasional juga memiliki tujuan dan tema khusus yang diusung setiap tahun. Saat ini Hari Pabean Internasional dirayakan setiap tahun oleh 182 negara di dunia.


Tujuan Hari Pabean Internasional 2023


Hari Pabean Internasional dicetuskan oleh WCO untuk merayakan kinerja seluruh lembaga bea cukai secara global.

Melansir National Today, Hari Pabean Internasional ditetapkan untuk mengapresiasi peran yang dimainkan oleh seluruh agen bea cukai.

Faktanya, bea cukai memiliki tugas yang sangat penting dalam ekonomi sekaligus keamanan suatu negara. Otoritas ini bertanggung jawab dalam memungut tarif sekaligus mengawasi ekspor dan impor barang di sebuah engara.

Melalui Hari Pabean Internasional, masyarakat diajak untuk merayakan keberhasilan seluruh elemen yang bertugas di bea cukai atas kinerjanya dalam memanajemen perdagangan dunia secara efektif.

Selain itu, masih menurut National Today ada tiga alasan lain mengapa Hari Pabean Internasional dirayakan, yaitu:

  • Mengingatkan seluruh elemen masyarakat untuk menunjukkan rasa terima kasih kepada seluruh petugas bea cukai yang bekerja tanpa lelah untuk memastikan keamanan administrasi.
  • Memperluas pengetahuan dan informasi mengenai undang-undah bea cukai di berbagai negara.
  • Membantu memperkuat ekonomi global dengan ikut serta dalam kegiatan ekspor produk dalam negeri ke mancanegara.

Tema Peringatan Hari Pabean Internasional 2023


Setiap tahunnya Hari Pabean Internasional mengusung tema khusus. Beberapa tahun lalu peringatan hari besar itu mengusung tema soal "Bea Cukai mendorong keberlanjutan bagi manusia, kemakmuran, dan pabrik."

Tema lain yang juga pernah diusung oleh Hari Pabean Internasional adalah "Bea Cukai memperkuat Pemulihan, Pembaruan, dan Ketahanan."

Setiap tahunnya tema-tema tersebut ditetapkan oleh WCO jelang peringatan Hari Pabean Internasional.

Tahun ini, WCO mendedikasikan tahun 2023 untuk memelihara generasi berikutnya dengan "Mempromosikan budaya berbagi pengetahuan dan kebanggaan profesional di Bea Cukai."

Tema tersebut dapat digunakan sebagai latar belakang untuk menggelar berbagai program, event, dan aktivitas Hari Pabean Internasional 2023 di negara-negara yang tergabung WCO.



Baca juga artikel terkait HARI PABEAN INTERNASIONAL 2023 atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yonada Nancy
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight