TNI & Polri Gelar Patroli Gabungan Skala Besar Pilkada 2020 Medan

Reporter: Antara - 9 Desember 2020
Kandidat di Pilkada Medan 2020 yakni, Akhyar Nasution - Salman Alfarisi dan Bobby Nasution - Aulia Rachman.
tirto.id - Polda Sumatera Utara, Kodam I Bukit Barisan, dan Pemerintah Kota (Pemkot) Medan menggelar patroli gabungan skala besar. Tujuannya, kata Kapolda Sumatera Utara Irjen Martuani Sormin, memantau situasi kamtibmas menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Medan hari ini.

"Sumut adalah provinsi terbanyak yang melaksanakan pilkada tahun ini. Saya yakin dengan latihan yang sudah kita laksanakan mampu meyakinkan masyarakat bahwa kita siap mengamankan dan melaksanakan penertiban hingga usai pesta demokrasi nanti," kata Martuani, Rabu (9/12/2020).

Martuani mengatakan, siapa pun yang menghalangi masyarakat untuk memberikan hak pilihnya akan ditindak. Tidak ada yang boleh merampas hak pilih seseorang.

"Jadi siapapun nanti yang terpilih, dia adalah putra dan putri terbaik kebanggaan daerah pilihan masyarakat yang akan mengabdikan dirinya untuk masyarakat," kata mantan Asisten Operasi (Asops) Kapolri itu.

Rute yang dilalui dari depan Makodim 0201/BS menuju Jalan Kapten Maulana Lubis, Jalan Raden Saleh, Jalan Balaikota, Jalan Thamrin, Jalan Halat, Jalan SM Raja Medan. Selanjutnya menuju Jalan AH Nasution, Jalan Setia Budi, Jalan Dr Mansyur, dan berakhir di Jalan Patimura Medan.

Panglima Kodam I/Bukit Barisan Mayor Jenderal TNI Hassanudin mengatakan, patroli gabungan skala besar ini juga untuk mencegah timbulnya kerawanan konflik sosial di masyarakat yang dikhawatirkan akan merusak integrasi bangsa.

"Hal itu yang harus diwaspadai dan jangan sampai terjadi di wilayah Sumatera Utara, khususnya Medan dan sekitarnya," kata Hassanudin.




Baca juga artikel terkait PILKADA 2020 atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Politik)

Reporter: Antara
Editor: Dieqy Hasbi Widhana
DarkLight