TKN: Ma'ruf Amin Diproyeksikan Kampanye di Banten, Jabar dan Jatim

Oleh: Felix Nathaniel - 22 Maret 2019
Cawapres Ma'ruf Amin direncanakan mengunjungi wilayah-wilayah berbasis Islam.
tirto.id - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin sudah menyelesaikan proyeksi kampanye rapat umum terbuka yang akan berlangsung pada 24 Maret 2019 mendatang. Wakil Sekretaris TKN Verry Surya mengatakan, lokasi kampanye cawapres Ma'ruf Amin juga sudah ditetapkan.

Verry mengatakan, kampanye Maruf Amin akan dipusatkan ke wilayah-wilayah yang mayoritas beragama Islam. Kendati demikian, dia tidak bisa merinci satu per satu daerah kunjungan Ketua Umum MUI nonaktif itu.

"Ya tentu saja disesuaikan dengan kultur wilayah masing-masing. Kalau memang basis santri, tentu Kiai Ma'ruf akan lebih dikedepankan," tegas Verry kepada Tirto, Jumat (22/3/2019). "Kiai itu ada di Jawa Barat, Jawa Timur, dan ada di Banten."

Rencana kampanye ini tidak banyak berubah dibandingkan rencana awal TKN. Pada rapat Selasa (12/3/2019) lalu, Wakil Ketua TKN Arsul Sani juga mengatakan hal serupa.

"Tentu ada beberapa pertimbangan. Yang jelas tentu kan di daerah-daerah yang mayoritas umat Islamnya itu NU, atau pun kelompok lain yang dominan dan kebetulan Pak Kiai Ma'ruf Amin belum sempat ke sana atau jarang ke sana ya beliau yang kita inikan [minta]," tegasnya.

Berdasarkan hasil survei Litbang Kompas, elektabilitas kedua kandidat Capres-Cawapres semakin tipis, yakni hanya terpaut 11,8 persen.

Elektabilitas Jokowi-Ma'ruf berada di angka 49,2 persen, sementara Prabowo-Sandiaga 37,4 persen. Sedangkan 13,4 persen responden menyatakan pilihannya masih rahasia.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Alexander Haryanto