Tjahjo Sakit, Jokowi Tunjuk Mahfud Jadi Menpan Ad Interim

Reporter: Andrian Pratama Taher - 24 Jun 2022 13:24 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Mahfud Md ditunjuk menjadi Menpan RB Ad Interim hingga Juli 2022.
tirto.id - Menkopolhukam Mahfud Md mengonfirmasi dirinya menjadi Menpan RB Ad Interim menggantikan Tjahjo Kumolo yang saat ini sedang dirawat di rumah sakit karena penyakit yang dideritanya.

"Betul. Saya sebagai Menkopolhukam sejak tanggal 21 Juni 2022 ditunjuk oleh presiden untuk menjadi Menpan RB Ad Interim. Pak Tjahjo sakit dan sedang dalam perawatan intensif. Sudah mulai membaik tapi masih tetap harus dirawat untuk recovery," ujar Mahfud saat dikonfirmasi Tirto, Jumat (24/6/2022).

Mahfud mengungkapkan, dirinya langsung bekerja di Kemenpan RB usai ditunjuk sebagai pimpinan sementara di kementerian yang membawahi aparatur sipil negara (ASN) itu.

"Sebagai Menko dan Menpan RB Ad Interim tadi saya memberi pengarahan pada rakornas tentang pegawai non ASN, tenaga honorer dan outsourching," jelasnya.

Mahfud menyebut semua tugas di Kemenpan RB bisa ditangani dengan baik, karena selama ini Tjahjo sudah menata instrumen hukum dan kelembagaannya. "Pejabat-pejabat eselon I di Kemenpan RB juga menguasai tupoksi masing-masing," ucapnya.

"Doakan agar Pak Tjahjo terus semakin membaik," sambung Mahfud.

Dihubungi terpisah, Kepala Biro Data, Komunikasi, dan Informasi Publik Kemenpan RB, Mohammad Averrouce membenarkan Menkopolhukam Mahfud Md menjadi Menpan RB Ad Interim menggantikan Tjahjo.

Averrouce menyebut Kemenpan RB sudah menerima surat keputusan penetapan Mahfud sebagai Menpan Ad Interim. Mahfud akan menjabat posisi itu hingga awal Juli 2022.

"Sudah, sampai awal Juli," ungkap Averrouce kepada Tirto.

Averrouce tidak merinci lokasi perawatan maupun penyakit yang diderita Tjahjo. Ia juga tidak menginfokan lokasi maupun waktu mantan Mendagri itu sakit. Ia hanya memohon doa agar Tjahjo segera sembuh.

"Mohon doa ya mas dan mohon privasi untuk keluarga," tutup Averrouce.


Baca juga artikel terkait MAHFUD MD atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Politik)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight