Tips Memilih Jenis dan Tipe Sepeda Bagi Pemula

Oleh: Balqis Fallahnda - 30 Juni 2020
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini tips memilih jenis dan tipe sepda bagi para pemula.
tirto.id - Pandemi COVID-19 tampaknya telah membuat masyarakat lebih memperhatikan kesehatan mereka. Di masa transisi new normal ini, masyarakat mempunyai hobi baru yakni bersepeda.

Bersepeda dapat menjadi ajang untuk berolahraga, sebagai alat transportasi, bahkan meditasi, demikian sebagaimana dilansir dari Bicycling.

Sepeda merupakan salah satu alat transportasi yang memiliki beragam jenis. Model dan harga kerap dijadikan pertimbangan banyak orang mencari sepeda yang cocok. Padahal, model yang tepat belum tentu sesuai dengan kebutuhan bersepeda.

Dilansir dari laman The Cycling Experts, berikut ini beberapa tips memilih sepeda yang bisa dijadikan pertimbangan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jenis sepeda

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari sepeda Anda dan kenikmatan dari pengalaman, pikirkan tentang jenis bersepeda yang akan Anda lakukan.

Bersepeda untuk transportasi seperti ke tempat kerja atau toko-toko. Bersepeda untuk bersantai seperti di sepanjang jalur sepeda lokal, rute hutan atau bersepeda gunung. Bersepeda untuk kompetisi seperti balap jalanan atau off-road.

Anggaran

Anda mendapatkan apa yang Anda bayar dan tidak pernah lebih sehingga ketika datang untuk membeli sepeda.

Cobalah dan dapatkan yang terbaik yang Anda mampu karena pada akhirnya akan menjadi investasi yang lebih baik dalam hal komponen kualitas, fitur, daya tahan dan pengendaraan.

Ukuran sepeda yang pas

Pastikan sepeda Anda pas, sepeda tersedia dalam berbagai ukuran, jadi mulailah dengan menemukan ukuran frame yang tepat berdasarkan ketinggian Anda.

Memilih ukuran yang tidak sesuai dengan tubuh Anda akan membuat keseimbangan dan kenyamanan Anda saat bersepeda terganggu.

Tempat penyimpanan

Tak kalah penting adalah, memikirkan tentang tempat penyimpanan sepeda yang akan Anda gunakan.

Sepeda harus disimpan di tempat yang aman dan terjauh dari kondisi yang akan membuat sepeda berkarat. Akan lebih baik jika Anda memiliki garasi.

Bagi mereka yang memiliki tempat yang sempit, sepeda lipat dapat menjadi pilihan karena dapat menghemat ruang.


Baca juga artikel terkait TIPS MEMILIH SEPEDA BAGI PEMULA atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight