Tips Main Wordle, Game Tebak Kata yang Viral di Medsos

Penulis: Ibnu Azis - 3 Feb 2022 13:04 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Cara main Wordle simple. Tebak kata 5 huruf dalam 6 kali percobaan. Meski begitu, game ini rumit, jika tidak mengetahui tipsnya. Berikut ini penjelasannya.
tirto.id - Wordle sempat viral di medsos Twitter. Sebuah game tebak kata sederhana. Bagaimana cara main sekaligus tips untuk menyelesaikan permainan tersebut?

Wordle adalah game ringan. Permainan yang bisa diakses tanpa butuh instalasi, cuma berbasis web browser. Anda dapat memainkannya saat senggang.

Dikutip dari The Verge, kreator Wordle adalah Josh Wardle, seorang insinyur perangkat lunak. Menurut Josh, game ini dibuat untuk pacarnya, Palak Shah, yang menyukai permainan teka-teki silang.

Josh merilis Wordle pada Oktober 2021. Hingga sekarang, sudah ada lebih dari 2 juta pemain dari berbagai negara yang memainkan game tebak kata tersebut.


Cara Main Wordle dan Aturannya


Dikutip dari situs resminya, Kamis (3/2/2022), cara main Wordle sangat sepele. Sebagai pemain, Anda, harus menebak sebuah kata yang terdiri dari 5 huruf dalam 6 kali percobaan.

Dalam setiap kali percobaan tersebut, Anda akan diberi petunjuk apakah huruf yang ditebak benar, salah, atau nyaris benar, melalui tiga buah warna, yakni:

  • Warna hijau menandakan bahwa huruf yang dimaksud benar dan berada dalam posisi yang tepat
  • Warna kuning menandakan bahwa huruf yang dimaksud benar, tetapi dalam posisi yang kurang tepat
  • Warna abu-abu menandakan bahwa huruf yang dimaksud salah atau tidak ada di dalam kata sama sekali

Perlu dicatat bahwa Wordle hanya memiliki satu kata permainan setiap harinya. Jika pemain menebak benar atau salah, mereka dapat bermain lagi keesokan harinya, yang dimulai setiap tengah malam.

Adapun game Wordle dapat dimainkan secara daring dengan mengunjungi situs powerlanguage.co.uk/wordle.


Tips Main Wordle


Karena Wordle adalah game yang menggunakan bahasa Inggris, tentunya pemain yang menguasai kosa kata bahasa tersebut memiliki nilai plus. Terutama kata yang terdiri dari 5 huruf.

Meski begitu, siapa saja dapat menyelesaikan permainan Wordle asalkan memahami tipsnya. Sebagaimana dirangkum dari CNET, berikut di antaranya:

1. Tebakan pertama sangat krusial

Percobaan pertama sangat penting karena menentukan langkah-langkah selanjutnya. Oleh karenanya, pilih kata terdiri dari minimal 3 huruf vokal.

Misalnya, adieu, audio, media, radio, dan lain sebagainya. Jika Anda mengetahui 3 dari 5 huruf vokal, langkah selanjutnya adalah fokus pada huruf konsonan.

2. Jangan mengulang huruf abu-abu

Warna abu-abu bermakna jika huruf yang ditebak atau yang dimaksud tidak tersedia dalam kata sama sekali. Oleh karena itu, jangan mengulang huruf tersebut.

Fokuslah pada huruf kuning yang tersedia, tetapi posisinya salah. Kombinasikan dengan huruf hijau. Eliminasi huruf abu-abu atau yang tak terpakai dan isi dengan huruf baru.

3. Huruf bisa muncul dua kali

Munculnya huruf hingga dua kali kian memperumit masalah, terutama saat Anda mentok untuk menebak kata keempat atau kelima. Namun, jangan panik.

Sebab, kata-kata seperti chill, sissy, dan ferry ialah jawaban yang benar dalam pertanyaan-pertanyaan sebelumnya.

Sementara itu, pada Senin (31/1/2022) waktu AS, media The New York Times telah mengakuisisi Wordle. Game ini bakal diintegrasikan dengan permainan kata The New York Times Games.

Josh mengakui bahwa game teka-teki silang dan spelling bee dari The New York Times Games memiliki peran besar atas kehadiran Wordle. Dia berujar:

“The New York Times Games memainkan peran besar dalam asal-usulnya [Wordle] dan langkah ini terasa sangat alami bagi saya.”


Baca juga artikel terkait WORDLE atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Yantina Debora

DarkLight