Tips Latihan Yoga Bagi Remaja untuk Mengurangi Stres

Oleh: Mochammad Ade Pamungkas - 15 September 2020
Dibaca Normal 1 menit
Para remaja disarankan melakukan latihan yoga untuk mengurangi stres, menenangkan pikiran, tidur lebih nyenyak hingga meningkatkan fokus.
tirto.id - Yoga merupakan meditasi yang dapat bermanfaat bagi kalangan usia tua maupun muda. Yoga bisa membantu relaksasi fisik maupun pikiran untuk mengurangi stress dan kegelisahan.

Mengutip laman Psychologies, praktik yoga dan mindfulness dapat membantu para remaja untuk untuk tidur lebih nyenyak serta membuat mereka merasa lebih positif dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Ketenangan yang dihasilkan dari praktik meditasi ini secara efektif dapat membantu para remaja meningkatkan fokus dan motivasi selama mengikuti kegiatan belajar di sekolah. Selain itu, yoga juga dapat membantu kalangan muda mempererat hubungannya dengan keluarga dan teman.

Dikutip dari Kids Health, ada beberapa momen yang paling direkomendasikan untuk menjalankan latihan relaksasi fisik bagi para remaja. Sejumlah momen beserta gerakan yang disarankan adalah sebagai berikut.

1. Sebelum ujian dan tes

Saat berada di meja ujian, putar bahu dan leher guna meringankan ketegangan otot di leher, bahu dan punggung. Lakukan selama 30 detik, dan dapat diulang sesuai kebutuhan.

2. Ketika akan belajar

Selain memutar leher dan bahu, gerakan forward fold dan twist untuk mengurangi ketegangan otot bagian belakang, juga bisa dicoba saat hendak akan melakukan aktivitas belajar.

Gerakan forward fold and twist ialah menegakkan badan dan lalu membuka kaki lebar ke samping. Kemudian, tekuk lutut sedikit, dan perlahan turunkan badan ke arah depan dengan kedua tangan menyentuh bagian tengah lantai. Lalu, naikkan tangan kanan ke atas sejajar dengan tangan kiri di bawah, dan turunkan kembali tangan kanan ke tempat asalnya. Lakukan gerakan sebaliknya.

3. Sebelum tidur

Sesaat sebelum tidur, lakukan gerakan forward fold (praktiknya sama dengan di atas tetapi tanpa menaikan salah satu tangan ke atas) secara perlahan. Lakukan gerakan tersebut sebanyak 3-4 kali pernapasan serta biarkan badan dan pikiran relaks.

Selain gerakan untuk relaksasi fisik seperti di atas, terdapat beberapa gerakan yoga lainnya yang dapat membantu para remaja untuk relaks. Dikutip dari laman Yoga Journal, berikut ini sejumlah contoh gerakan yoga yang bisa dilakukan para remaja.

Pertama, Sukhasana dengan bungkuk ke depan. Lakukan duduk bersila, kemudian turunkan badan ke depan. Lalu, posisikan tulang kering tangan menyentuh lantai. Lakukan gerakan ini sebanyak 5 kali pernafasan.

Kedua, Suttasana dengan membuka bahu. Berdiri dalam keadaan tegak dan lurus, dengan posisi tangan mengenggam satu sama lainnya di belakang badan. Selanjutnya, gunakan otot paha untuk menarik lutut pada pinggul. Lalu, turunkan pinggul dan badan perlahan sampai mencium lutut kaki sembari menarik pergelangan tangan ke atas. Lakukan gerakan ini selama 5 kali pernafasan

Ketiga, Side stretch. Posisi duduk bersimpuh. Letakkan tangan kiri di lantai, lalu secara perlahan angkat tangan kanan ke sisi kiri sembari memiringkan kepala. Lantas, lakukan gerakan sebaliknya.


Baca juga artikel terkait YOGA atau tulisan menarik lainnya Mochammad Ade Pamungkas
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Mochammad Ade Pamungkas
Penulis: Mochammad Ade Pamungkas
Editor: Addi M Idhom
DarkLight