Cara Obati Vertigo di Rumah: Lakukan Gerakan Epley hingga Yoga

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 22 Mei 2020
Dibaca Normal 2 menit
Vertigo bisa diatasi dengan beberapa gerakan khusus, yoga dan meningkatkan asupan vitamin D.
tirto.id - Vertigo adalah rasa pusing yang disertai dengan rasa yang berputar-putar. Terkadang, jika seseorang merasakan vertigo, ia akan memegang benda-benda di sekitarnya agar tak jatuh saat berdiri.

Dikutip dari WebMD, beberapa gejala vertigo antara lain tubuh yang tidak seimbang, merasa bergoyang-goyang dan berputar-putar, hingga merasa di tarik ke satu arah. Sementara itu, penderita lain juga mungkin mengalami muntah, berkeringat berlebih, hingga mual.

Untuk mengatasi rasa pusing vertigo tersebut, Healthline memberikan beberapa tips yang dapat di rumah:

1. Gerakan Epley

Gerakan Epley disebut juga dengan gerakan reposisi “Canalith”, yang merupakan strategi pertama bagi banyak orang yang mengalami vertigo. Anda dapat melakukan manuver di rumah dengan mengikuti prosedur sederhana ini:

- Mulailah dengan duduk tegak di permukaan yang datar, dengan bantal di belakang Anda dan dengan kaki terentang.

- Putar kepala Anda 45 derajat ke kanan.

- Dengan kepala yang masih miring, cepat berbaring dengan kepala di bantal. Tetap di posisi ini setidaknya selama 30 detik.

- Perlahan putar kepala Anda ke kiri, 90 derajat penuh tanpa mengangkat leher Anda.

- Libatkan seluruh tubuh Anda, putar miring ke kiri sehingga Anda benar-benar di sisi kiri. Perlahan kembali ke posisi semula, dengan wajah melihat ke depan dan duduk tegak.

2. Gerakan Semont-Toupet

Gerakan Semont-Toupet sangat mirip dengan gerakan Epley, tetapi membutuhkan fleksibilitas leher yang lebih sedikit.

- Mulailah dengan duduk tegak di permukaan yang datar, dengan bantal di belakang Anda dan dengan kaki terentang.

- Berbaringlah, lalu miring ke kanan, dan melihat ke kiri atau, melihat ke atas.

- Cepat duduk dan berbalik ke sisi kiri Anda, tetap dengan posisi kepala yang menghadap ke kiri atau ke arah bawah.

- Perlahan kembalilah ke posisi semula, melihat ke depan dan duduk tegak.

3. Latihan Brandt-Daroff

Latihan ini menjadi latihan yang paling sering direkomendasikan bagi penderita vertigo untuk dilakukan di rumah. Latihan ini awalnya akan memicu peningkatan rasa pusing tetapi dalam jangka waktu singkat.

- Mulailah dengan duduk di permukaan yang datar, dengan kaki Anda menjuntai seperti yang terjadi di kursi.

- Putar kepala Anda sejauh mungkin ke sisi kiri, lalu tundukkan kepala dan badan ke bawah di sisi kanan.

- Disarankan, kaki Anda tidak bergerak dan tetap di posisi ini selama setidaknya 30 detik.

- Duduk dan putar kepala Anda kembali ke posisi tengah.

Ulangi latihan di sisi yang berlawanan dengan memutar kepala sejauh mungkin ke sisi kanan, lalu berbaring di sisi kiri. Anda dapat melakukan latihan ini dalam 5 kali pengulangan dan mengulanginya 3 kali sehari dan dua hari dalam seminggu.

4. Gingko Biloba

Ginkgo biloba telah diteliti untuk diketahui efeknya pada vertigo. Hasilnya menunjukkan bahwa obat herbal tersebut sama efektifnya dengan obat resep terkemuka untuk mengobati vertigo. Untuk mengatasi vertigo, beli lah ekstrak Gingko biloba dalam bentuk cair atau kapsul. Minum 240 miligram ginkgo biloba setiap hari untuk mengurangi gejala vertigo Anda dan membuat Anda merasa lebih tidak seimbang.

5. Manajemen stres

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan vertigo, termasuk penyakit Meniere yang dipicu oleh stres. Untuk mengatasinya, manajemen stres dapat efektif untuk mengatasi penyakit vertigo Anda. Salah satunya adalah dengan berlatih meditasi dan teknik bernapas.

Selain itu, hanya dengan menyadari apa yang menyebabkan Anda stres mungkin dapat mengurangi gejala vertigo Anda.

6. Yoga dan tai chi

Yoga dan tai chi diketahui dapat mengurangi stres dan meningkatkan fleksibilitas serta keseimbangan. Terapi fisik yang dilakukan dalam perawatan rawat jalan dapat melatih otak Anda untuk mengkompensasi penyebab vertigo Anda, dan olahraga yang Anda lakukan di rumah dapat meniru efek ini.

Cobalah pose yoga sederhana, seperti pose Anak dan pose Corpse, ketika Anda merasa pusing. Berhati-hatilah dengan apa pun yang melibatkan membungkuk ke depan secara tiba-tiba, karena itu bisa membuat gejala Anda sementara terasa lebih parah.

7. Tidur yang cukup

Vertigo dapat dipicu oleh kurang tidur. Jika Anda mengalami vertigo untuk pertama kalinya, itu mungkin akibat stres atau kurang tidur. Jika Anda dapat menghentikan apa yang sedang Anda lakukan dan tidur sebentar, Anda mungkin mendapati bahwa vertigo Anda telah teratasi dengan sendirinya.

8. Hidrasi

Kadang-kadang, vertigo disebabkan oleh dehidrasi. Ada baiknya bagi Anda untuk mengurangi asupan natrium. Akan tetapi, cara terbaik untuk tetap terhidrasi adalah dengan minum banyak air. Pantau asupan air Anda dan cobalah untuk memperhitungkan kondisi panas, lembab dan situasi berkeringat yang mungkin membuat Anda kehilangan cairan ekstra.

9. Vitamin D

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D dapat memperburuk kondisi penderita vertigo. Segelas susu yang diperkaya vitamin D atau jus jeruk, tuna, dan bahkan kuning telur, akan meningkatkan kadar vitamin D Anda. Mintalah dokter Anda memeriksa kadar vitamin D Anda sehingga Anda tahu apakah Anda membutuhkan lebih banyak dalam makanan Anda.

10. Hindari minuman beralkohol

Alkohol dapat mengubah komposisi cairan di telinga bagian dalam Anda, menurut Asosiasi Gangguan Vestibular. Alkohol juga membuat Anda dehidrasi. Hal-hal inilah yang dapat memengaruhi keseimbangan Anda ketika Anda sedang mabuk. Mengurangi konsumsi alkohol, atau bahkan berhenti total, dapat membantu mengatasi gejala vertigo Anda.


Baca juga artikel terkait VERTIGO atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Yantina Debora
DarkLight