Menuju konten utama

Tips Kerja Remote Karyawan di Tengah Virus Corona

Tips bekerja remote dari rumah untuk menghindari penyebaran corona Covid-19.

Tips Kerja Remote Karyawan di Tengah Virus Corona
Ilustrasi Telecommuting. FOTO/iStock

tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau warga untuk bekerja secara remote atau jarak jauh alias teleworking sebagai salah satu bentuk antisipasi penularan virus Corona atau Covid-19.

Secara definitif, teleworking adalah sistem kerja ketika karyawan melakukan pekerjaan rutin di lokasi lain selain tempat kerja.

Bekerja jarak jauh ini dapat berlangsung berkat bantuan koneksi teknologi. Efektivitas kerja teleworking sendiri diukur berdasarkan indikator-indikator capaian sesuai implementasi kebijakan perusahaan.

Light Reading mengistilahkan pekerja jarak jauh ini sebagai pekerja nomaden (nomad workers) atau pekerja badui (neo-bedouin).

Mereka adalah karyawan atau wirausaha yang memilih bekerja dari rumah, kafe ke kafe, atau co-working space yang nyaman bagi mereka.

Bagaimana caranya agar kerja remote atau teleworking tetap efektif dan produktif? Laman Ehorus menuliskan beberapa tips sebagai berikut:

Berpakaian Sepantasnya dalam Bekerja

Beberapa orang membayangkan bahwa dengan bekerja teleworking, ia dapat berpakaian sekenanya, bahkan hanya dengan mengenakan piyama tidur ketika bekerja. Namun, Anda akan menyadari bahwa hal tersebut merupakan kebiasaan buruk.

Jika bekerja teleworking di rumah, orang yang berpakaian sekenanya biasanya tidak bisa membedakan antara waktu kerja dengan kehidupan pribadi. Akibatnya, terdapat banyak distraksi yang malahan menjadikan kinerja menjadi tidak produktif.

Oleh sebab itu, jika Anda bekerja dengan teleworking, berpakaianlah yang rapi. Posisikan diri bahwa Anda sedang bekerja untuk menunjang mood bahwa Anda sedang bekerja dan anggota rumah lainnya menahan diri untuk tidak mengganggu Anda untuk tugas-tugas lain. Anda akan segera menyadari bahwa produktivitas Anda meningkat seiring waktu.

Tetapkan Jadwal Kerja Reguler

Waktu kerja teleworking yang fleksibel biasanya menjadikan seseorang menunda-nunda kerja. Oleh sebab itu, kendati amat cair, Anda harus menetapkan jadwal kerja tetap untuk membantu Anda tetap fokus dan produktif,

Jika Anda bekerja di perusahaan tertentu, sebaiknya Anda menyesuaikan jadwal kerja yang Anda tetapkan dengan jadwal kerja perusahaan tersebut. Hal ini dimaksudkan agar koordinasi kerja yang Anda lakukan berjalan dengan baik.

Siapkan Ruang Kerja di Rumah

Jika ingin tetap produktif, Anda tidak bisa bekerja di ruang tamu rumah, apalagi jika pasangan Anda sedang menonton televisi. Karenanya, siapkan ruang tertentu di bagian lain rumah yang tenang dan nyaman untuk menjadi tempat kerja Anda.

Beri tahu anggota keluarga yang lain mengenai ruang tersebut sebagai tempat kerja yang akan Anda gunakan selagi di rumah.

Tempatkan juga perangkat-perangkat penunjang kerja seperti komputer, laptop, printer, atau lain sebagainya.

Organisasi dan Rencanakan Kerja Anda

Kendati Anda sudah memiliki jadwal yang tetap serta ruang kerja yang kondusif, hal ini tidak berdampak banyak jika pasangan Anda, atau orang tua, hingga anak-anak dapat leluasa mengetuk pintu ruang kerja Anda sesuka mereka.

Pastikan untuk memberi tahu anggota keluarga yang lain untuk menghormati jadwal kerja yang sudah Anda tetapkan.

Demikian juga Anda mesti merencanakan serta mengorganisasikan tumpukan kerja yang tersedia. Tetapkan tenggat waktu tertentu untuk menyelesaikan ragam pekerjaan yang harus Anda selesaikan.

Terus Terhubung dengan Perusahaan

Jika Anda melakukan teleworking di suatu perusahaan, jangan lupa untuk terus melakukan kontak dan berkoordinasi seefektif mungkin.

Kendati tidak memungkinkan bertatap muka secara langsung, setidaknya Anda mesti berhubungan intens dengan rekan kerja melalui beragam cara, seperti komunikasi melalui media sosial WhatsApp, Line, dan beragam aplikasi komunikasi lainnya.

Dengan terus melakukan kontak dengan perusahaan dan rekan kerja, Anda akan terus mengikuti perkembangan perusahaan dan tetap merasa terintegrasi dengan perusahaan tempat Anda bekerja.

Baca juga artikel terkait TIPS KERJA DARI RUMAH atau tulisan lainnya dari Abdul Hadi

tirto.id - Sosial budaya
Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Yandri Daniel Damaledo