Menuju konten utama

Telkomsel myBusiness Store, Solusi Bisnis Lengkap untuk Pelaku UKM

Telkomsel menawarkan delapan solusi mudah bagi pelaku UKM untuk mengembangkan bisnisnya melalui myBusiness Store.

Telkomsel myBusiness Store, Solusi Bisnis Lengkap untuk Pelaku UKM
Vice President Enterprise Mobile Product Marketing Telkomsel, Arief Pradetya saat melakukan Q&A dengan media mengenai solusi bisnis terlengkap myBusiness Store di Jakarta, (23/7/2018). FOTO/Dok. Telkomsel

tirto.id - Telkomsel menghadirkan myBusiness Store dalam upaya mempermudah pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) memperoleh solusi bisnis terlengkap. Layanan myBusiness Store merupakan one-stop SME portal yang menyediakan berbagai solusi digital untuk menjawab kebutuhan UKM dan dapat diakses melalui situs mybusiness.telkomsel.com.

Arief Pradetya selaku Vice President Enterprise Mobile Product Marketing Telkomsel mengatakan bahwa layanan digital memberikan berbagai keuntungan bagi sektor industri UKM. Kendati demikian, pada kenyataannya banyak pelaku UKM mengalami kesulitan dalam menemukan penyedia solusi bisnis berkualitas yang ideal bagi usaha mereka.

"Untuk mengatasi masalah tersebut, kami menghadirkan Telkomsel myBusiness Store yang menyediakan berbagai solusi UKM digital dari beragam mitra penyedia solusi terbaik," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Tirto, Senin (23/7/2018).

Menurut Arief, saat ini para pelaku UKM sudah menyadari pentingnya menggunakan berbagai aplikasi produktivitas untuk mendukung usahanya. Kendati begitu, banyaknya aplikasi yang digunakan memerlukan login situs yang berbeda menyebabkan pelaku usaha sulit untuk mengelola berbagai email dan password.

Para pelaku usaha juga seringkali mengalami kesulitan untuk mengontrol anggaran komunikasi dan mengelola metode berlangganan solusi bagi seluruh karyawan. Untuk mengatasi hal tersebut, Arief menjelaskan bahwa seluruh solusi UKM yang dihadirkan oleh Telkomsel myBusiness saat ini dapat langsung dibeli secara mandiri di myBusiness Store.

"Semuanya bisa dilakukan dalam satu situs, menjadikan myBusiness Store sebagai one stop solution portal untuk UKM", tambahnya.

Delapan Solusi Bisnis

Telkomsel myBusiness menghadirkan solusi lengkap untuk memajukan usaha para pelaku UKM, yakni komunikasi selular khusus UKM, internet, email, penyimpanan, dan kolaborasi, pembuatan toko online professional, kasir online, akuntansi online, pengelolaan karyawan, serta solusi khusus seperti manajemen klinik.

Solusi-solusi tersebut tersedia melalui skema kerja sama dengan institusi global seperti Microsoft dan Google, maupun dengan local heroes seperti Jarvis, MOKA, Gadjian, e-accounting, serta Trustmedis.

Ke depan, Telkomsel akan terus mengembangkan kerja sama dan membuka kesempatan kepada penyedia solusi untuk menghadirkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan UKM. Beberapa solusi tambahan yang akan tersedia dalam waktu dekat adalah digital marketing, manajemen hotel, dan security.

Single Sign-on

myBusiness Store menyediakan fitur yang memudahkan pelaku UKM untuk login ke berbagai aplikasi yang telah dibeli dengan satu klik saja (single sign-on), sehingga pelanggan tidak perlu menghafal username dan password tiap aplikasi.

Pelanggan juga dapat memilih berbagai metode pembayaran, baik menggunakan tagihan kartuHalo Corporate, pulsa nomor prabayar (simPATI, Kartu As, LOOP), maupun tagihan kartu kredit bagi pelanggan non Telkomsel.

Selain itu, pelanggan juga dapat melakukan pengaturan paket dengan upgrade, downgrade, dan update layanan (subscription management) secara mandiri.

Pelaku UKM juga dapat mengontrol tunjangan komunikasi yang diberikan untuk masing-masing karyawannya sesuai dengan kebutuhan sekaligus membelikan produk UKM untuk karyawan dengan pembayaran yang ditagihkan kepada pemilik UKM.

Tak Perlu Investasi Besar

Seluruh solusi yang terdapat pada myBusiness Store merupakan solusi software-as-a-service (SaaS) yang di-bundling dengan konektivitas terbaik Telkomsel. Seluruh solusi tersebut dapat mulai dinikmati dengan jumlah minimal, dibayar bulanan, dan dioperasikan dengan mudah tanpa perlu integrasi yang rumit.

Dengan demikian, UKM yang baru memulai usaha atau mengembangkan usahanya tidak perlu melakukan investasi besar di depan dari sisi teknologi atau IT, melakukan pembelian yang disesuaikan dengan perkembangan bisnis tanpa harus selalu melakukan rekrutmen tambahan orang untuk fungsi pendukung.

Kenyamanan pelaku UKM dalam menggunakan beragam solusi digital myBusiness didukung keandalan jaringan berkualitas Telkomsel dengan lebih dari 167.000 base transceiver station (BTS) di seluruh Indonesia, termasuk lebih dari 117.000 BTS broadband berteknologi 4G dan 3G.

Telkomsel juga menyediakan pelayanan purna jual yang prima di sekitar 440 GraPARI di seluruh Indonesia. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan melakukan pembelian produk dan layanan UKM, pelanggan dapat mengakses mybusiness.telkomsel.com.

Baca juga artikel terkait UKM atau tulisan lainnya dari Ibnu Azis

tirto.id - Teknologi
Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis