Tanggapi Pidato Jokowi, Sandiaga: Target-targetnya Cukup Tinggi

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 20 Oktober 2019
Sandiaga menyebut bahwa harapan Jokowi terhadap perekonomian Indonesia di tahun 2045 cukup tinggi.
tirto.id -
Presiden Jokowi berharap Indonesia dapat keluar dari jebakan pendapatan menengah atau middle income trap yang membuat negara-negara berkembang mengalami pertumbuhan ekonomi yang stagnan.

Terkait harapan tersebut, mantan cawapres 2019 Sandiaga Uno menyampaikan bahwa pemerintah harus bekerja ekstra keras. Pasalnya dalam lima tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi Indonesia terus berada di angka 5 persen.

"Ini enggak datang secara otomatis. Kita harus bekerja keras. Target-targetnya cukup tinggi," Sandiaga di Gedung DPR RI, Minggu (20/10/2019).

Apalagi, Jokowi juga berharap Indonesia dapat menjadi negara maju dengan pendapatan per kapita Rp320 juta perper tahun atau Rp27 juta per kapita per bulan.

Ada pula target untuk mendorong Produk Domestik Bruto Indonesia mencapai 7 triliun dolar AS di tahun 2045 dan masuk dalam 5 besar ekonomi dunia.

"Beberapa tadi yang saya catat [pidato Presiden] merupakan suatu harapan ya supaya kita bisa bertumbuh lebih berkualitas sehingga jebakan kelas menengah pendapatan kelas menengah bisa kita imbangi," imbuhnya.

Pada 15 Juni 2014, atau ketika belum jadi Presiden RI, Joko Widodo pernah menargetkan pertumbuhan ekonomi di atas tujuh persen dalam kurun lima tahun.

Namun target itu tak sekalipun terealisasi hingga periode pemerintahannya yang pertama sudah selesai Oktober ini.

Pertumbuhan ekonomi mentok di angka lima persen, bahkan pernah menyentuh angka 4,79 persen pada 2015. Pertumbuhan ekonomi tertinggi terjadi tahun lalu, sebesar 5,17 persen.

Meski demikian, menurut Sandiaga, pidato Jokowi pidato itu membawa optimisme karena disertai dengan target-target konkret yang diharapkan bisa tercapai.
“Kita harus optimis, kita harus. Dan Menurut saya, ini suatu ajakan kita membangun harus dengan target-target konkret,” tandasnya.



Baca juga artikel terkait PELANTIKAN PRESIDEN 2019 atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - )

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Hendra Friana
DarkLight