Surya Paloh Bertemu Jokowi di Singapura: Hanya Makan-makan Saja

Oleh: Felix Nathaniel - 16 Agustus 2019
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengakui ada pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan dirinya di Singapura.
tirto.id - Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengakui ada pertemuan antara dirinya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Singapura. Meski demikian dia tidak merinci waktu pertemuan tersebut.

Namun, Surya juga menyatakan tidak ada pembicaraan spesifik soal jabatan menteri atau setingkat menteri. Dia hanya mengaku mengadakan makan bersama.

"Pembahasan apa? Kita makan aja, makan minum biasa saja," kata Surya Paloh di Kompleks Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Namun, Surya menampik bahwa ada pembicaraan kabinet. Sampai sekarang, Nasdem tidak tahu siapa saja nama orang di kabinet Jokowi. Hanya saja Surya meyakinkan mereka tetap mendukung Jokowi.

"Enggak. Nasdem belum diajak bicara soal itu dan Nasdem bisa memahami itu dan kita memberikan dukungan sepenuhnya, kepercayaan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi yang memiliki hak prerogatif," tegasnya lagi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi akhirnya bicara lumayan banyak soal kabinet. Saat makan siang bersama sejumlah pemimpin redaksi media massa di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (14/8/2019) kemarin, ia blak-blakan, termasuk bicara rencana membikin kementerian baru hingga melebur dua kementerian jadi satu.

Kabinet Jokowi mendatang akan diisi kalangan profesional dan kader partai. Profesional dapat jatah mayoritas, 55 persen, sisanya kader partai.

Jokowi juga menegaskan Jaksa Agung tidak lagi berasal dari partai. Saat ini posisi itu dijabat HM Prasetyo, kader Nasdem hingga 20 November 2014 pukul 11.00 sebelum dilantik Jokowi pada hari yang sama pukul 15.30.

Semua ini, katanya, sudah disampaikan ke ketua umum partai pengusungnya di Pilpres 2019. "Partai sudah diberi tahu nama-nama anggota kabinet," katanya.


Baca juga artikel terkait PARTAI NASDEM atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Maya Saputri
DarkLight