Survei SMRC: Puan Maharani Tak Kompetitif Jadi Capres & Cawapres

Reporter: Fatimatuz Zahra, tirto.id - 23 Sep 2022 10:37 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Survei SMRC menunjukkan Puan cenderung memperlemah pasangannya bila menjadi capres maupun jadi cawapres.
tirto.id - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei bertajuk "Kekuatan Calon Pasangan Capres dan Cawapres 2024." Salah satu poin survei tersebut menunjukkan bahwa Puan Maharani menjadi titik lemah dalam pasangan capres-cawapres 2024.

Hasil survei menunjukkan jika pemilihan presiden hanya diikuti tiga nama: Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Puan Maharani, Prabowo mendapatkan 40,2 persen suara, Anies 27,5 persen, dan Puan 7,8 persen. Dari hasil tersebut, menunjukkan Puan Maharani tidak kompetitif untuk menjadi calon presiden.

"Puan Maharani dipasangkan dengan siapa pun tidak cukup membantu PDIP untuk memastikan partai ini akan kembali memiliki presiden nanti,” kata pendiri SMRC, Saiful Mujani, Kamis (22/9/2022).

Sedangkan, kata Saiful, sebagai calon wakil presiden yang diharapkan memenangkan pilpres, Puan harus dipasangkan dengan calon presiden yang kompetitif seperti Prabowo atau Anies.

Bila dipasangkan dengan Anies dalam simulasi empat pasangan, Anies-Puan kalah signifikan oleh Prabowo-Muhaimin Iskandar. Prabowo-Muhaimin mendapatkan 39,3 persen, Anies-Puan 25,6 persen, Andika Perkasa-AHY 7,5 persen, dan Airlangga Hartarto-Zulkifli Hasan 3 persen.

"Kalau dipasangkan sebagai calon wakil presiden dengan calon presiden paling kompetitif sekalipun, Puan cenderung memperlemah pasangannya," ujar Saiful Mujani.

Survei ini dilakukan secara tatap muka pada 5-13 Agustus 2022. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Dari populasi itu dipilih secara random (stratified multistage random sampling) 1220 responden.

Response rate sebesar 1053 atau 86%. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,1% pada tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling).


Baca juga artikel terkait BURSA CAPRES 2024 atau tulisan menarik lainnya Fatimatuz Zahra
(tirto.id - Politik)

Reporter: Fatimatuz Zahra
Penulis: Fatimatuz Zahra
Editor: Bayu Septianto

DarkLight