Survei: Polri jadi Lembaga Penegak Hukum Paling Tak Dipercaya

Reporter: Fatimatuz Zahra, tirto.id - 27 Nov 2022 16:22 WIB
Kepolisian menjadi lembaga penegak hukum yang mendapat kepercayaan publik paling minim, menurut survei Indikator Politik Indonesia.
tirto.id - Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei bertajuk "Kinerja Lembaga Penegak Hukum di Mata Publik dan Penanganan Kasus-kasus Besar." Salah satu poin dalam hasil survei menyebut bahwa kepolisian menjadi lembaga penegak hukum yang mendapat kepercayaan publik paling minim dibandingkan dengan lembaga yang lain.

"Sekarang (kepercayaan publik terhadap) polisi melorot, hanya sekitar 60 persen, hanya sedikit di atas partai politik," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dalam paparan survei yang dilakukan secara daring, Minggu, 27 November 2022.

Namun demikian, Burhanuddin menyebut bahwa kepercayaan terhadap lembaga kepolisian mulai menunjukkan tren kenaikan setelah sempat turun hingga tinggal 54 persen pasca mencuatnya kasus Sambo.


"Bulan Agustus (kepercayaan publik kepada kepolisian) 54 persen, ini titik nadir, tapi langkah-langkah tegasnya belakangan ini mulai menampakkan hasil. Paling tidak ada tanda-tanda recovery dari 54 ke 60 persen," kata Burhanuddin.

Sementara itu, lembaga penegak hukum paling dipercaya oleh masyarakat saat ini diduduki oleh Kejaksaan Agung dengan tingkat kepercayaan mencapai 77,5 persen, disusul Pengadilan dengan 76,8 persen dan KPK dengan 71 persen lalu kepolisian dengan posisi paling buncit, dipercaya oleh 60,5 persen responden.

Survei ini dilaksanakan pada 30 Oktober-5 November 2022 dengan melibatkan 1.220 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling yang dilaksanakan dengan wawancara tatap muka. Sementara margin of error dalam hasil survei ini adalah 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.



Baca juga artikel terkait POLRI atau tulisan menarik lainnya Fatimatuz Zahra
(tirto.id - Politik)

Reporter: Fatimatuz Zahra
Penulis: Fatimatuz Zahra
Editor: Maya Saputri

DarkLight