Strategi Pemerintah Ciptakan SDM Unggul Lewat Pendidikan Vokasi

Reporter: Dwi Aditya Putra, tirto.id - 24 Nov 2022 10:00 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Kunci keberhasilan penyelenggaraan pendidikan vokasi adalah kerja sama dengan industri dalam mencetak lulusan yang langsung dapat bekerja di industri.
tirto.id - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDMI) Kementerian Perindustrian, Arus Gunawan menyatakan, kualitas SDM saat ini menjadi elemen terpenting dalam pembangunan suatu negara. SDM kompeten merupakan pilar utama dalam menopang pertumbuhan industri yang merupakan motor bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

"Kualita SDM menjadi elemen penting pembangunan suatu negara," kata Arus dalam keterangan resmi, Kamis (24/11/2022).

Dia menuturkan untuk mendukung ketersediaan SDM Industri yang kompeten pada sektor Industri manufaktur, BPSDMI mendorong pembangunan pendidikan vokasi lebih kuat. Salah satunya kunci keberhasilan penyelenggaraan pendidikan vokasi adalah kerja sama dengan industri dalam mencetak lulusan yang langsung dapat bekerja di industri.

"Untuk itu, semua harus menjadi bagian dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan vokasi secara nasional,” ujar Arus.

Wakil Ketua Komite Tetap Pelatihan dan Pendidikan Vokasi Kadin, Dasep Suryanto menjelaskan, sesuai Perpres 68 setidaknya ada lima point utama peran Kadin guna mendukung vokasi di Indonesia. Pertama, mendukung sistem informasi pasar kerja, di mana semua informasi lowongan pekerjaan serta kebutuhan kebutuhan pekerja itu dapat dijembatani oleh Kadin.

“Kadin juga berperan terhadap pemutakhiran dan peng-update-an SKKNI, kita ingin program vokasi itu ada di setiap sektor industri, lalu Kadin juga dengan bekerjasama dengan semua pihak terkait dalam mencetak mencetak sejumlah in-company trainer yang berkualitas,” ujar Dasep.

Lebih lanjut, dia menuturkan pihaknya membantu menyusun pendanaan serta berkoordinasi dengan Kementerian dan Lembaga agar terciptanya sinergi yang baik dan melibatkan seluruh stakeholder terkait.

“Kadin juga membentuk tim koordinasi daerah serta di Kadin sendiri terbentuk badan Vokasi Kadin dimana itu menjadi penting karena akan selalu berkoordinasi dengan daerah serta pusat,” jelasnya.

Terkait kerja sama antara Kadin Indonesia dengan BPSDMI, Dasep mengatakan Kadin dengan BPSDMI telah melakukan banyak sinergi yang intens antara lain membangun pendidikan dan pelatihan vokasi yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri.




Baca juga artikel terkait PENDIDIKAN VOKASI atau tulisan menarik lainnya Dwi Aditya Putra
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Dwi Aditya Putra
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight