Sri Mulyani Minta Perguruan Tinggi Turun Tangan Perbaiki PAUD di RI

Reporter: Dwi Aditya Putra - 27 Jun 2022 12:40 WIB
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mendorong perguruan tinggi di Indonesia ikut memikirkan cara memperbaiki Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
tirto.id - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mendorong perguruan tinggi di Indonesia ikut memikirkan cara memperbaiki Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tanah air. Hal itu seiring PAUD menjadi tingkat pendidikan penting yang membutuhkan perhatian cukup besar.

"Saya berharap perguran tinggi Indonesia memikirkan. Karena itu tidak bisa 'oh itu ibu-ibu saja sedang repot urusi anak-anak bisa ngajarin makan' tidak gitu juga, Karakter, value, sikap baik, adalah di PAUD itu," kata Sri Mulyani di acara Merdeka Belajar Episode 21: Dana Abadi Perguruan Tinggi di Jakarta, Senin (27/6/2022).

Dia menuturkan investasi di bidang pendidikan merupakan yang terbaik. Memberikan best return dari semua investasi dunia. Sri Mulyani menyarankan bisa dimulai melalui pendidikan anak usia dini. Semakin mudah investasinya, maka nilai pengembalian terhadap negara pun cukup besar.

"Makanya di berbagai negara usia PAUD dijadikan level tingkat pendidikan penting," bebernya.

Sementara di level perguruan tinggi akan menghasilkan sumber daya manusia (SDM) lebih berkompeten. Pada akhirnya, SDM di Indonesia akan memiliki kualitas cukup besar untuk berdaya saing di tingkat global.

"Kita akan melihat berbagai pilihan-pilihan kebijakan untuk strategi Indonesia memperbaiki kualitas pendidikan dan pada akhirnya kualitas SDM di Indonesia," pungkasnya.



Baca juga artikel terkait INVESTASI PENDIDIKAN atau tulisan menarik lainnya Dwi Aditya Putra
(tirto.id - Pendidikan)

Reporter: Dwi Aditya Putra
Penulis: Dwi Aditya Putra
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight