Sinopsis The Trial of the Chicago 7: Kisah Demonstran yang Diadili

Oleh: Sirojul Khafid - 8 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis The Trial of the Chicago 7 yang tayang di Netflix mulai 16 Oktober.
tirto.id - Perang Amerika Serikat (AS) dan Vietnam yang terlah terjadi bertahun-tahun memunculkan gelombang protes di AS. Banyak yang tidak setuju akan perang tersebut karena melanggar HAM dan pengiriman para tentara ke medan perang.

Tahun 1968, Partai Demokrat akan menyelenggarakan konferensi nasional di Chicago. Momen itu menjadi kesempatan para aktivis untuk menggelar aksi.

Tom Hayden (Eddie Redmayne) dari koalisi masyarakat demokrasi dan militan Yippies dalam arahan Abbie Hoffman (Sacha Baron Cohen) dan Jerry Rubin (Jeremy Strong) memimpin ribuan massa aksi.

Awalnya mereka menggelar aksi dengan damai. Namun keadaan berubah seiring berjalannya waktu. Terjadi bentrokan antara polisi dan massa aksi.

Akibat bentrokan itu, pihak keamanan menangkap tujuh orang. Pihak keamanan menuduh tujuh orang itu menjalankan konspirasi dari oposisi pemerintah.

Orang yang tidak terlibat dalam aksi seperti Bobby Seale (Yahya Abdul-Mateen II) dari Black Panthers juga ikut tertuduh dan ditangkap.

Setelah itu, tujuh orang ini menjalani proses persidangan yang tidak adil. Walaupun tujuh orang itu memiliki pengacara, tetapi proses sidang tetap terasa berat dan dianggap cacat hukum.

Belum lagi pihak-pihak internal para demonstran yang semakin memperkeruh suasana dengan melakukan aksi brutal. Proses persidangan ini merupakan salah satu yang terburuk sepanjang sejarah.

Film yang disutradarai Aaron Sorkin ini juga dibintangi Alex Sharp John Carroll Lynch, Mark Rylance, Joseph Gordon-Levitt, dan Ben Shenkman.

Selain The Trial of the Chicago 7, Aaron Sorkin juga merupakan penulis naskah Molly's Game (2017), Steve Jobs (2015), The Newsroom (2012 - 2014), Moneyball (2011), The Social Network (2010), Charlie Wilson's War (2007), Studio 60 on the Sunset Strip (2006-2007), dan lain-lain.

Melalui film The Social Network, Sorkin mendapat penghargaan Oscar tahun 2011 dalam kategori Penulis Naskah Adaptasi Terbaik. Sementara pada Oscar 2012 dan 2018, dia mendapat nominasi Oscar pada kategori yang sama melalui film Moneyball dan Molly's Game.

The Trial of the Chicago 7 bisa dinikmati di Netflix pada 16 Oktober 2020. Saksikan cuplikan The Trial of the Chicago 7 melalui video di bawah ini.



Baca juga artikel terkait FILM NETFLIX atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Kontributor: Sirojul Khafid
Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight