Sinopsis The Santri Film Livi Zheng yang Dijadwalkan Rilis Oktober

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 10 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Film The Santri garapan Livi Zheng berpusat pada kisah soal nilai-nilai kaum santri dan tradisi pembelajaran di pondok pesantren.
tirto.id - Trailer The Santri, film garapan Livi Zheng diluncurkan di akun YouTube NU Channel pada Senin (9/9/2019). The Santri merupakan film kerja sama dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Dalam film ini, Ketua Umum PBNU Kyai Said Aqil Siradj menjadi executive produser. Dikutip dari NU Online, rencananya The Santri akan diluncurkan pada Oktober 2019, bertepatan dengan Hari Santri.

Kisah The Santri berpusat pada nilai-nilai kaum santri dan tradisi pembelajaran di pondok pesantren dengan basis kemandirian, kesederhanaan, toleransi, cinta Tanah Air.

The Santri adalah film drama action yang digarap Livi Zheng, bersama adiknya Ken Zheng. Livi, dalam wawancaranya bersama Tirto mengatakan, naskah The Santri berasal dari PBNU, dengan revisi dari pihaknya.

"Iya, dong. Revisi naskah tergantung dari pasar yang hendak disasar. Apakah pasar AS atau bukan," tutur Livi kepada Tirto.

Livi juga menjelaskan, The Santri sendiri dibuat untuk pasar Amerika Serikat (AS).

"Aku mengusahakan supaya semua filmku masuk di AS karena distribusinya lebih gampang," tambahnya.

Film The Santri ini diperankan Gus Azmi, Veve Zulfikar, dan Wirda Mansur. Menurut NU, Livi Zheng dan timnya sudah syuting di beberapa lokasi. Antara lain di Pondok Mambaus Shoilihin, Candi Penataran, Hutan Maliran, dan pendopo kabupaten.

Livi Zheng dan Klaim Menembus Hollywood


Livi Zheng ramai diperbincangkan karena klaim "keberhasilannya" sebagai sutradara perempuan muda yang bisa menembus kancah perfilman internasional lewat film Brush with Danger dan Bali: Beats of Paradise yang diproduksi Sun and Moon Films.

Nama asli Livi adalah Livia Notoharjono. Ayah Livi bernama Gunawan Witjaksono atau akrab dikenal The Hok Bing, sementara ibunya bernama Lilik Juliati atau Lili The Hok Bing.

Dieqy Hasbi dalam tulisannya Sisi Gelap Surga Livi Zheng: Koneksi Bisnis Bapaknya di Kemayoran menulis, sirkuit bisnis keluarga Livi Zheng rumit sekaligus rapi, persis seperti industri kehumasan di belakangnya yang menerangi citra Livi dari kegelapan.

Livi Zheng muncul di publik Tanah Air dengan nama langsung semerbak. Ia kembali ke Indonesia usai merantau di Los Angeles, Amerika Serikat, melalui karpet merah dengan embel-embel "Hollywood". Filmnya, Brush with Danger, “berhasil” lolos seleksi nominasi Academy Award bersama 322 film lain pada 2015.

Akan tetapi, benarkah Livi menembus Hollywood?

Fakta Brush with Danger lolos seleksi administratif nominasi Oscar itu—sejatinya bisa dipenuhi hampir semua film, bagaimanapun kualitasnya—berubah narasi menjadi “masuk nominasi Oscar”. Dan, Livi tak pernah mengklarifikasinya.

Selain Said Aqil, film-film Livi Zheng kerap dipromosikan oleh para pejabat tinggi Indonesia, seperti Wakil Presiden Jusuf Kalla, Kapolri Tito Karnavian, Ketua DPR Bambang Soesatyo, hingga Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Tirto menerbitkan tulisan mengenai mengapa Livi Zheng bisa dekat dengan pejabat-pejabat tinggi tersebut. Laporan tersebut bisa dibaca melalui tautan-tautan di bawah ini.


Trailer The Santri Garapan Livi Zheng


Trailer The Santri bisa disaksikan melalui video di bawah ini.


Baca juga artikel terkait FILM INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Film)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight