Sinopsis A Taxi Driver Film Korea Trans 7: Pemberontakan di Gwangju

Oleh: Maria Ulfa - 2 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis A Taxi Driver, film berdasarkan kisah nyata yang bercerita soal kisah reporter Jerman yang sedang mencari berita di Gwangju, Korea Selatan.
tirto.id - Film Korea berjudul A Taxi Driver akan tayang malam ini, Kamis (2/7/2020) pukul 21.30 WIB di Trans 7. Film ini dibintangi oleh aktor Song Kang Ho dan Thomas Kretschamann.

Sinopsis A Taxi Driver menceritakan, pada Mei 1980, seorang reporter Jerman, Peter (Thomas Kretschmann) ditugaskan di Tokyo, Jepang, tetapi berita menyebar lambat di sana.

Kemudian, Peter mendengar dari seorang rekan bahwa ada peristiwa tidak menyenangkan yang terjadi di Gwangju, Korea Selatan.

Saluran telepon di sana saat itu terputus, sehingga untuk mencari tahu peristiwa yang terjadi, Peter pun pergi ke Korea.

Di Seoul, Korea Selatan, Kim Man Seob (Song Kang Ho) sedang berjuang memenuhi kebutuhan hidupnya sebagai sopir taksi sambil merawat putrinya. Ia butuh uang untuk membayar sewa rumah.

Di sebuah restoran, Kim Man Seob mendapat tawaran dari orang asing dengan bayaran yang tinggi asal Kim Man Seob mau mengantar orang itu ke Gwangju. Ternyata, orang asing itu adalah Peter, dan Kim Man Seob menerima tawarannya.

Setelah itu, keduanya pun meluncur ke Gwangju dari Seoul. Mereka sama sekali tidak tahu apa yang sedang menunggu mereka di sana.

A Taxi Driver sendiri adalah film yang dibuat berdasarkan kisah nyata antara reporter Jerman Jurgen Hinzpeter dan seorang sopir taksi Kim Sa Bok.

Jurgen Hinzpeter adalah sosok yang meliput pemberontakan Gwangju yang berlangsung pada 18-27 Mei 1980.

A Taxi Driver telah tayang di Korea pada 2 Agustus 2017 dan berhasil menggaet lebih dari 12 juta penonton dengan pendapatan mencapai 79,8 juta dolar Amerika.

Selain dibintangi oleh Song Kang Ho dan Thomas Kretschamann, film ini juga dibintangi aktor ternama lainnya, seperti Yoo Hae Jin, Ryu Jun Yeol, Choi Gwi Hwa, Park Hyuk Kwon, Uhm Tae Goo, Ko Chang Seok dan masih banyak lagi.

A Taxi Driver sendiri disutradarai oleh Jang Hun, sineas di balik film The Front Line (2011) dan Rough Cut (2008).

Sutradara Jang Hun dan aktor Song Kang Ho sebelumnya sudah pernah bekerja sama lewat proyek film The Secret Reunion (2010).

Film berdurasi 137 menit ini didistribusikan oleh Showbox dan berhasil tayang di 1.906 layar bioskop di seluruh dunia.

A Taxi Driver berhasil memenangkan kategori Film Terbaik dalam ajang Blue Dragon Film Awads 2017 dan Daejong Film Awards 2017.

Pemeran utamanya, Song Kang Ho berhasil memboyong piala sebagai Aktor Terbaik dalam ajang Blue Dragon Film Awards 2017 dan The Seoul Awards 2017.

Pengamat di situs Rotten Tomatoes memberi skor sebesar 96 persen dari untuk A Taxi Driver. Adapun, situs IMDb memberi skor 7,3 dari 10.


Baca juga artikel terkait FILM KOREA TRANS7 atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Film)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight