Simak Sederet Promo Tarif Angkutan Umum ke Bandara Kertajati

Reporter: Faesal Mubarok, tirto.id - 20 Sep 2023 13:56 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Tarif bus Damri dari Bandung ke Bandara Kertajati harga normal Rp100.000 menjadi Rp80.000 dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.
tirto.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberi promo tarif angkutan antarmoda dari dan ke Bandara Kertajati (KJT), Majalengka, Jawa Barat. Promo tersebut atas kerja sama dengan pemangku kepentingan seperti pengelola bandara, pemerintah daerah dan sejumlah perusahaan angkutan jalan.

"Besaran promo tarif rata-rata sebesar 20 persen. Misalnya, tarif bus Damri dari Bandung ke Bandara KJT harga normal Rp100.000 menjadi Rp80.000 dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam," Plh Direktur Angkutan Jalan Iman Sukandar melalui keterangan kepada Tirto, Rabu (20/9/2023).

Kemudian, untuk taksi Blue Bird akan memberikan diskon hingga Rp50.000 dari total tarif berdasarkan jarak yang ditempuh.

Melalui Ditjen Perhubungan Darat, Kemenhub telah berkoordinasi dengan pemangku kepentingan untuk menyiapkan dukungan angkutan antarmoda sebanyak 12 perusahaan otobus.

“Saat ini telah disiapkan angkutan antarmoda dengan 12 perusahaan otobus (PO), yaitu sebanyak 108 kendaraan dan total kapasitas mencapai 2.300 kursi,” kata Iman.

Iman menambahkan, dengan beroperasinya tol Cisumdawu, angkutan antarmoda Bandara KJT akan lebih dekat, lebih cepat, dan lebih murah jika dibandingkan perjalanan dari Bandung ke Bandara Soekarno Hatta atau Halim.

“Operator angkutan antarmoda siap memberikan promosi tarif pada awal pemindahan Bandara BDO ke KJT yaitu pada Oktober sampai dengan Desember 2023,” katanya.

Beberapa angkutan antarmoda yang tersedia di antaranya yaitu: bus Damri dan sejumlah perusahaan bus dan travel swasta, dan taksi. Angkutan ini melayani perjalanan dari dan ke Kertajati menuju Bandung, Cirebon, Kuningan, Tasikmalaya, Ciamis, Karawang, Majalengka, Cimahi, Purwakarta, Subang, Banjar, Pangandaran, Jatinangor, Sumedang, dan Indramayu.

Untuk diketahui, pemerintah telah mengalihkan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung (BDO) ke Bandara Kertajati (KJT) yang terjadwal mulai 29 Oktober 2023.

“Tanggal efektif pengalihan penerbangan berjadwal dalam negeri dari Bandara Husein Bandung ke Bandara Kertajati dimulai pada awal periode Winter 2023 yaitu pada 29 Oktober 2023. Seluruh perizinan sudah selesai sejak akhir Agustus lalu. Sehingga, masyarakat sudah bisa melihat di berbagai agen perjalanan, tiket dari dan ke Bandara Kertajati sejak tanggal 29 Oktober sudah tersedia,” kata Direktur Angkutan Udara Putu Eka Cahyadi, Jakarta, Jumat (15/9/2023).




Baca juga artikel terkait OPERASIONAL KERTAJATI atau tulisan menarik lainnya Faesal Mubarok
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Faesal Mubarok
Penulis: Faesal Mubarok
Editor: Anggun P Situmorang

DarkLight