Sidang Tahunan MPR, Jokowi akan Pidato Tiga Kali di Gedung Parlemen

Oleh: Dewi Adhitya S. Koesno - 16 Agustus 2019
Presiden Jokowi dijadwalkan akan melakukan tiga kali pidato saat Sidang Tahunan MPR-RI di gedung parlemen, hari ini.
tirto.id - Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan melakukan pidato sebanyak tiga kali saat Sidang Tahunan MPR RI tahun ini di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019) mulai pukul 8.30 WIB.

Kemudian, pada pukul 10.38 WIB, Jokowi akan menyampaikan Pidato Kenegaraannya menyambut HUT ke-74 Kemerdekaan RI yang jatuh pada 17 Agustus besok.

Seperti dilansir Antara, Presiden Jokowi dijadwalkan berpidato pada Sidang Bersama DPD RI-DPR RI selama 40 menit.

Lalu pukul 14.20 WIB Jokowi berpidato dalam rangka Penyampaian Pengantar/Keterangan Pemerintah atas Rancangan Undang-undang (RUU) Tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2020 beserta Nota Keuangannya.

Selesai berpidato, sekitar pukul 15:05 Presiden Jokowi dijadwalkan menyerahkan RUU tentang RAPBN Tahun 2020 beserta Nota Keuangan dan Dokumen Pendukungnya kepada Ketua DPR RI dilanjutkan dengan penyerahan RUU tentang RAPBN Tahun 2020 beserta Nota Keuangan dan Dokumen Pendukungnya serta surat permintaan pertimbangan dari Ketua DPR RI kepada Ketua DPR RI.

Sebelumnya, pada Kamis (15/8/2019) pukul 18.00 WIB Jokowi telah meninjau langsung persiapan pelaksanaan Sidang Tahunan MPR RI.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengenakan kemeja putih dan celana hitam datang ke Gedung Nusantara pada pukul 18.24 WIB dengan menggunakan Mobil RI 1.

Tanpa menyapa wartawan, Jokowi langsung masuk ke Gedung Nusantara 1. Usai masuk ke gedung sekitar 50 menit dan keluar gedung pada pukul 19.14 WIB, Jokowi memberikan penjelasan, kedatangannya sore ini untuk memeriksa podium dan mikrofon jelang Pidato Kebangsaan.

"Nyoba ini saja, ya biar itu lho biar sampenya [penyampaiannya] oke enggak. Melihat podiumnya aja seperti apa udah pas atau belum," kata Jokowi.






Baca juga artikel terkait SIDANG TAHUNAN MPR 2019 atau tulisan menarik lainnya Dewi Adhitya S. Koesno
(tirto.id - Politik)


Penulis: Dewi Adhitya S. Koesno
Editor: Maya Saputri
DarkLight