tirto.id - Produk sport utility vehicle (SUV) tujuh penumpang saling berhadap-hadapan di area pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Agen pemegang merek (APM) menjadikan SUV sebagai salah satu ikon penting di ruang pamer mereka.
Di GIIAS 2018, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) merilis produk baru New Nissan Terra. SUV tersebut adalah senjata utama Nissan untuk masuk ke pasar mobil kekar, khususnya segmen big SUV.
New Nissan Terra memiliki DNA yang sama dengan produk SUV Nissan di masa lampau. Sebut saja Nissan Patrol yang dikenal sebagai mobil pejabat masa orde baru, dan produk yang lumayan populer tahun 2000-an, Nissan Terrano.
Selain Nissan, Chevrolet pun menampilkan versi terbaru SUV andalannya Chevrolet Trailblazer. Mobil seharga Rp 477 juta itu muncul dengan penambahan ornamen eksterior seperti fender flare, rear spoiler, serta perangkat lampu depan dan belakang model baru.
Penampakan big SUV tujuh penumpang lainnya, yakni Isuzu MU-X. Mobil tersebut adalah bintang utama di stan pameran Isuzu Astra Motor Indonesia, bersama produk double cabin Isuzu D-Max.
Dua penguasa hegemoni pasar big SUV di Indonesia, Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner tidak luput dari perhatian pengunjung GIIAS 2018.
PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menghadirkan model edisi spesial Pajero Sport Rockford Fosgate yang menggunakan basis Pajero Sport Dakar 4x2. Mobil itu memiliki keistimewaan berupa perangkat audio berkualitas tinggi dari Rockford Fosgate—produsen audio mobil asal Amerika Serikat.
Sementara itu, Toyota Fortuner VRZ warna hitam berdiri di area pameran Toyota Indonesia. Tidak ada pembaharuan atau model edisi spesial Fortuner di GIIAS 2018.
Tidak hanya big SUV, model medium SUV dan low SUV tujuh penumpang juga berjajar di ruang pameran yang berada di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang. Di antaranya, Honda CR-V 1.5 Turbo, All New Hyundai Santa Fe, DFSK Glory 580, Toyota Rush, dan Dahaitsu Terios.
Banyaknya variasi model SUV kapasitas tujuh penumpang dipengaruhi meningkatnya permintaan dari konsumen Indonesia. Saat ini banyak orang yang melirik mobil fungsional tapi tetap memiliki tampilan menarik. Selain itu, konstruksi SUV dengan ground clearance tinggi bisa diandalkan ketika menghadapi permukaan jalan rusak.
“Kendaraan SUV menjadi salah satu segmen favorit pelanggan Indonesia dan memenuhi keinginan mereka untuk menaklukan berbagai medan di negara ini. Dengan perbaikan infrastruktur serta jalan raya baru yang menghubungkan kota-kota dan daerah, tumbuh permintaan untuk kendaraan cerdas dengan ground clearance tinggi yang dapat menghadapi tantangan medan perkotaan maupun medan off road,” ujat Regional Senior Vice President Nissan Asia & Oceania, Yutaka Sanada.
Harga SUV pun saat ini lebih ramah untuk masyarakat dari level ekonomi menengah sampai menengah atas, karena produsen sudah merakitnya di dalam negeri. “SUV semakin hari makin berkembang orang beralih ke SUV. Kalau kita produksi lokal (SUV) ya harganya bisa semakin murah,” ujar ketua I Gaikindo Jongkie D. Sugiarto.
Penulis: Yudistira Perdana Imandiar
Editor: Alexander Haryanto