Sebelum Reshuffle Kabinet, Jokowi Ajak Makan Siang 7 Ketum Parpol

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 15 Jun 2022 12:43 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Sederet tokoh politik yang akan dilantik menjadi menteri dan wakil menteri telah tiba di Istana Negara.
tirto.id - Presiden Joko Widodo akan melantik sejumlah menteri dan wakil menteri dalam rangka reshuffle kabinet Indonesia Maju pada Rabu (15/6/2022).

Dalam kegiatan tersebut presiden juga mengundang sejumlah ketua umum partai politik antara lain: Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Lalu ada Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Dalam proses pelantikan ada beberapa tokoh yang akan dilantik telah hadir di Istana Negara seperti Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni. Dirinya mengenakan pakaian putih merah dibalut dengan jas hitam dan juga peci.

Kepada awak media dirinya mengakui bahwa proses pelantikan cukup mendadak karena baru mendapat informasi pada Selasa (14/6/2022) pukul 17.30 WIB.

"Agak sedikit mendadak karena baru dipanggil kemarin pukul 17.30 WIB," kata Raja Juli Antoni di Istana Negara dilihat dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Selain itu, ada nama lain yang akan ikut akan dilantik seperti Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang akan diisi oleh mantan panglima TNI Hadi Tjahjanto. Jabatan ini sebelumnya diemban oleh Sofyan Djalil yang dilantik sejak 2019.

Tjahjo akan didampingi oleh Raja Juli Antoni dalam bekerja.

Selanjutnya Menteri Perdagangan akan diisi oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan untuk menggantikan Muhammad Luthfi yang namanya cukup santer masuk dalam daftar reshuffle sejak isu minyak goreng mencuat.

Adapun yang keempat nantinya Wakil Menteri PUPR akan dipindahkan posisinya untuk menjadi Wakil Menteri Dalam Negeri.

Kemudian yang terbaru ada Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker).

Hal ini nampak dari kehadirannya yang terlihat dari layar kaca yang bersiap untuk pelantikan.


Baca juga artikel terkait RESHUFFLE KABINET 2022 atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight