Satgas COVID-19: Prioritas Vaksin untuk Orang yang Belum Terpapar

Oleh: Andrian Pratama Taher - 12 Januari 2021
Para pejabat akan ikut vaksinasi COVID-19 bersama Presiden Jokowi, Rabu (13/1).
tirto.id - Juru bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan penerima vaksinasi hari pertama bersama Presiden Jokowi adalah para pejabat yang belum pernah terpapar Corona.

Vaksin Corona buatan Sinovac, katanya, tidak diberikan kepada orang yang sudah pernah terpapar.

"Untuk orang yang sudah terpapar COVID-19 sementara tidak divaksin dulu. Prioritas vaksin untuk sementara ini untuk orang-orang yang belum pernah terpapar," kata Wiku dalam konferensi pers dari Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (12/1/2021).

Sebagai catatan, menteri kabinet Indonesia Maju yang pernah terpapar COVID-19 adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dan Menteri Agama Fachrul Razi.

Dari empat nama menteri tersebut, Edhy Prabowo sudah tidak lagi menjabat karena tersandung kasus korupsi sementara Fachrul kena reshuffle pada akhir desember 2020 lalu.

Wiku menambahkan, Sekretariat Presiden kini tengah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk persiapan dan tata cara vaksinasi Presiden Jokowi.

Vaksinasi akan ditayangkan secara daring dan bisa dilihat publik, termasuk daftar pejabat yang ikut vaksinasi.

Presiden Jokowi dijadwalkan vaksinasi Rabu (13/1/2021) besok setelah BPOM menerbitkan izin penggunaan darurat (EUA) dan setelah keluarnya fatwa halal MUI.



Baca juga artikel terkait VAKSIN atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Zakki Amali
DarkLight