Sandi: Okupasi Hotel Naik hingga 80 Persen Selama Libur Imlek

Reporter: Faesal Mubarok, tirto.id - 12 Feb 2024 19:58 WIB
Karena saat libur Isra Mikraj & Imlek penggunaan hotel meningkat hingga 80 persen, Sandi akan menginstruksikan agar objek wisata tetap dibuka saat pemilu.
tirto.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, membeberkan pertumbuhan okupasi hotel saat momentum libur Isra Mikraj dan Tahun Baru Imlek yang naik hingga 80 persen. Menurutnya, ekonomi kreatif turut terdorong angka kenaikan tersebut.

“Kita melihat masyarakat berwisata dengan keluarga dan hampir semua destinasi wisata favorit penuh. Sda pelonjakan pemesanan akomodasi dan transportasi, penjualan produk kuliner, usaha restauran dan cafe, dan pusat oleh-oleh,” ucap Sandi dalam acara The Weekly Brief with Sandi Uno di Kantor Kemenparekraf, Jakarta, Senin (12/2/2024).

Sandi mengaku melihat perkembangan pariwisata yang melonjak saat berkunjung ke beberapa daerah di Pulau Jawa.

“Saya sendiri berkunjung ke Jawa Timur, Barat, dan Tengah, semuanya full,” ujarnya.

Lebih lanjut, menurut laporan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Sandi mendapatkan data sejumlah daerah yang mengalami kenaikan kunjungan wisatawan seperti Sumatra Barat, Pekanbaru, sepanjang Pantai Utara dan selatan Pulau Jawa.

Namun demikian, PHRI belum memetakan okupasi hotel secara menyeluruh di Indonesia.

“Kalau data rata-rata seluruh wilayah akan kita tabulasi, dan akan kita laporkan saat data tersebut disediakan oleh Dinas Pariwisata setempat,” tuturnya.

Untuk mendongkrak pertumbuhan pariwisata dan ekonomi kreatif, Sandi juga akan menginstruksikan agar objek wisata tetap dibuka saat pemilu berlangsung pada 14 Februari 2024.



Baca juga artikel terkait EKUPASI HOTEL atau tulisan menarik lainnya Faesal Mubarok


Reporter: Faesal Mubarok
Penulis: Faesal Mubarok
Editor: Irfan Teguh Pribadi

DarkLight