Sabica Khan Bercerita Soal Pelecehan Seksual Selama Haji

Oleh: Yantina Debora - 9 Februari 2018
Dibaca Normal 1 menit
"Saya takut berbagi cerita ini karena mungkin dapat menyakiti perasaan religius Anda," kata Sabica Khan.
tirto.id - Sejumlah perempuan berbicara menentang pelecehan seksual selama haji, setelah warga Pakistan Sabica Khan berbagi cerita soal pelecehan seksual yang dia alami saat haji, di akun Facebook pada hari Jumat (2/2/2018).

"Saya takut berbagi ini karena bisa menyakiti perasaan religius Anda," Sabica mulai bercerita, seperti dikutip Dhaka Tribune.

Sabica melanjutkan, pelecehan itu terjadi saat dia sedang menjalani ibadah Tawaf. Sejak awal dia telah menyadari ada sentuhan aneh di tubuhnya dalam sebuah kerumunan jemaah.

Namun, dia mengabaikan itu. Sampai akhirnya hal itu dialaminya hingga tiga kali. Sabica pun berkeyakinan jika dia harus menghentikan tindakan itu.

"Saya merasakannya lagi. Itu membuat saya merasa sangat tidak nyaman. Aku terus bergerak. Selama 6 tawaf saya tiba-tiba merasakan sesuatu yang agresif menusuk pantat saya. Saya terdiam, tidak yakin apakah itu disengaja. Saya mengabaikannya dan terus bergerak perlahan karena kerumunan itu sangat padat," tulis Sabica di posting Facebook.

"Saya bahkan mencoba berbalik tapi sayangnya tidak bisa. Ketika sampai di Yemeni Corner, seseorang mencoba meraih dan mencubit pantat saya. Lalu saya memutuskan untuk berhenti di situ, meraih tangannya kemudian menepis, " lanjut Sabica.

Dia menambahkan bahwa pengalaman mengerikan itu membayanginya selama berada di Mekkah, dengan perasaan tidak berdaya bahkan tidak mampu berbalik dan mengidentifikasi pelakunya karena kerumunan yang padat.

"Saya merasa yakin dan penting untuk terbuka tentang pelecehan ini. Saya tidak tahu berapa banyak dari Anda memiliki pengalaman serupa, tapi kejadian ini sayangnya membuat saya merasa kesal, "Sabica menyimpulkan, seperti dikutip dari StepFeed.

Sejumlah orang kemudian berkomentar di postingannya dan banyak perempuan juga berbagi pengalaman mereka sendiri tentang pelecehan seksual saat ziarah suci.

Seorang dalam kolom komentar itu bahkan mengatakan bahwa dia telah menghadapi pelecehan seksual saat haji selama lebih dari 28 tahun, dan menyarankan Sabica seharusnya siap secara mental untuk menghadapinya.

Menurut seorang wanita anonim yang dikutip oleh StepFeed, pelecehan seksual pada haji paling sering terjadi dalam antrian yang menuju ke Batu Hitam, di sudut timur Kakbah.


Baca juga artikel terkait PELECEHAN SEKSUAL atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Yantina Debora
Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora
DarkLight