Korban Pelecehan Seksual Dokter Larry Nassar Bertambah 265 Orang

Oleh: Yuliana Ratnasari - 1 Februari 2018
Dibaca Normal 1 menit
Dokter Larry Nassar dijatuhi hukuman penjara 40 sampai 175 tahun setelah ratusan wanita bersaksi telah dilecehkan secara seksual.
tirto.id - Jumlah korban pelecehan seksual mantan dokter senam Amerika Serikat Larry Nassar telah berkembang menjadi 265 orang.

Sedikitnya 65 korban akan menghadapi Nassar (54) di pengadilan minggu ini dalam tiga audiensi terakhir, kata jaksa penuntut umum, seperti dilansir BBC News.

Dia dijatuhi hukuman penjara 40 sampai 175 tahun setelah hampir 160 wanita bersaksi bahwa Nassar telah melecehkannya secara seksual

Korbannya termasuk pemenang medali emas Olimpiade Aly Raisman dan Jordyn Wieber.

Selain itu, Nassar juga divonis hukuman 60 tahun penjara karena memiliki gambar pelecehan seks anak.

Mantan dokter Michigan State University (MSU) tersebut mengaku bersalah pada bulan November atas tiga tuduhan tindak pidana seks tingkat pertama terhadap anak perempuan yang seharusnya diberi perawatan medis.

Setidaknya satu dari serangan seksual termasuk korban yang lebih muda dari usia 13 tahun. Sementara dua di antara para korban dilecehkan pada usia 15 atau 16 tahun.

Pada Rabu (31/1/2018), Hakim Janice Cunningham mengatakan kepada pengadilan kecil di Charlotte, Michigan: "Kami memiliki lebih dari 265 korban yang teridentifikasi dan jumlah korban yang tak terbatas di negara bagian, di negara ini, dan di seluruh dunia.?

"Dengan ada live streaming [laporan kesaksian] dan tweeting, semua individu dapat berpartisipasi dalam proses ini."

Yang pertama berbicara adalah Jessica Thomashow yang berusia 17 tahun. Ia juga memberikan kesaksian kepada pengadilan tersebut.

"Dia pertama kali menganiaya saya saat berusia sembilan tahun.... Sebelum saya memiliki kawat gigi, dan saat saya masih bermain dengan boneka American Girl saya.”

"Larry Nassar memangsa kami untuk kesenangannya sendiri, meninggalkan gadis-gadis yang trauma dan patah hati."

Dia menggambarkan Nassar sebagai "jahat" dan "penjahat terburuk." Kakak perempuan Thomashow juga disiksa oleh dokter saat belajar di Michigan State University (MSU).

Dalam vonis terakhir ini, hukuman penjara Nassar diperkirakan akan ditambahkan minimal 25 sampai 40 tahun.


Sidang dijadwalkan berlangsung selama tiga hari karena para korban perempuan telah berbaris untuk menyampaikan kesaksian korban.

Lembaga USA Gymnastics mengatakan bahwa masing-masing direktur dewan sekarang telah mengundurkan diri setelah skandal tersebut.

Komite Olimpiade AS meminta dewan tersebut turun pada Rabu atau menghadapi kekalahan otoritas pemerintahannya.

"Kami sedang dalam proses bergerak maju dengan membentuk dewan direksi interim selama bulan Februari," kata sebuah pernyataan dari USA Gymnastics.

Sekitar 140 korban menuntut Nassar, USA Gymnastics, dan MSU, mencari kerugian moneter dari institusi yang mereka duga mengabaikan tuduhan pelecahan seksual tersebut.

Jaksa Agung Michigan telah meluncurkan investigasi kriminal ke MSU.

Rektor perguruan tinggi MSU dan pejabat atas divisi olahraga mengundurkan diri pekan lalu menyusul hukuman Nassar.


Baca juga artikel terkait KASUS PELECEHAN SEKSUAL atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Yuliana Ratnasari
Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari
DarkLight