Rizieq Shihab Berniat Tak Karantina Setelah Pulang Jakarta

Oleh: Riyan Setiawan - 8 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Setiba di Indonesia, Rizieq Shihab maraton dengan agenda pertemuan termasuk menikahkan anaknya.
tirto.id - Pentolan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab tidak akan melakukan isolasi mandiri setelah pulang dari Arab Saudi ke Jakarta pada Selasa, 10 November 2020 nanti.

Padahal berdasarkan imbauan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), WNI yang baru melakukakan perjalanan dari luar negeri harus melakukan karantina mandiri di rumah/tempat tinggal masing-masing selama 14 hari, menerapkan phyisical distancing, memakai masker dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Kayanya tidak [karantina], dia melakukan aktivitas keagamaan di beberapa tempat," kata Ketua Bidang Advokasi FPI Sugito Atmo Prawiro kepada Tirto, Minggu (8/11/2020).

Sugito menuturkan hal tersebut akan dilakukan oleh Rizieq, namun tetap menerapkan protokol kesehatan agar tidak terjadi klaster penularan virus Corona.

"Kalau gitu kan tetap dengan protokol kesehatan, itu yang menyangkut kesehatan harus disiplinkan. Itu sudah ketentuan," jelas dia.

Setelah tiba di Indonesia, Sugito juga mengatakan kemungkinan Rizieq akan melakukan tes PCR, agar dapat dinyatakan aman dari virus Corona ketika beraktivitas.

"Kalau memang itu ketentuannya, Habib Rizieq tidak akan menolak [tes PCR] kalau sudah di Jakarta," tuturnya.

Rencananya setelah pulang ke Indonesia, Rizieq akan beristirahat di kediamannya di daerah Petamburan, Jakarta Pusat untuk hingga Kamis (12/10/2020). Rizieq pun mengundang koleganya dari kalangan alim ulama, habaib, kiai, dan sebagainya untuk bersilaturahmi.

Setelah itu, Jumat (11/11/2020) Rizieq bersama rekan-rekannya berencana akan mengunjungi Gurunya, Ali bin Abdurahman Assegaf di kediamannya untuk menggelar salat Subuh berjamaah dan menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kemudian, pukul 08.00 WIB dia bersama rombongannya akan meluncur ke Pondok Pesantren Argo Kultural Megamendung, Bogor, Jawa Barat dan akan menggelar salat Jumat berjamaah lalu meletakkan batu pertama untuk pembangunan Masjid Markas Syari'at.

Keesokan harinya, Sabtu (14/11/2020), usai salat Isya Rizieq bersama DPP FPI akan menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW di Markas Besar FPI, Petamburan, Jakarta Selatan. Sekaligus menikahkan putri saya keempatnta yaitu syarifah Najwa Shihab dengab tunangangannya Irfan Alyidrus.


Baca juga artikel terkait RIZIEQ SHIHAB atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Zakki Amali
DarkLight