Riza Klaim Krisis Air Bersih di Marunda Kepu Tertangani dengan Baik

Reporter: Riyan Setiawan - 20 Mei 2022 20:10 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Riza Patria mengklaim selama ini krisis air bersih di Jakarta selalu tertangani dengan baik oleh Pemprov DKI Jakarta.
tirto.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Riza Patria mengklaim jajarannya telah menerjunkan mobil PAM untuk mengatasi krisis air bersih di Marunda Kepu, Jakarta Utara.

"Ya kan itu sudah disiapkan tangki-tangki ya di Marunda," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (20/5/2022)

Ketua DPD Partai Gerindra Jakarta itu menuturkan tak hanya di Marunda, jika daerah lain terjadi krisis air, Pemerintah Provinsi (Pemprov DKI) akan menerjunkan mobil tangki PAM untuk memenuhi kebutuhan warga.

"Tempat-tempat lain kalau ada kekurangan air bersih nanti tangki dari PAM itu sudah disiapkan," klaimnya.

Riza mengklaim selama ini krisis air di Jakarta selalu tertangani dengan baik oleh Pemprov DKI Jakarta.

Sebelumnya, Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jakarta menjelaskan sudah satu bulan masyarakat Marunda Kepu, Jakarta Utara yang merupakan pelanggan AETRA tidak dapat menikmati pasokan air bersih akibat terputusnya aliran air ke rumah-rumah warga.

Direktur Walhi DKI Jakarta, Suci F. Tanjung mengatakan, akibat pemutusan pasokan air, aktivitas warga Marunda Kepu menjadi terganggu. Mereka harus meluangkan waktu lebih untuk mencari air bersih dan menggunakannya seirit mungkin.

Selain itu, masyarakat juga harus mengalokasikan dana tambahan untuk membeli air jeriken dengan harga yang tinggi. Potensi gangguan kesehatan juga mengintai warga, terutama bagi perempuan, anak, dan kelompok rentan lainnya.

Atas kondisi tersebut, WALHI Jakarta mendesak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk segera memperbaiki layanan air bersih di Marunda Kepu, Jakarta Utara.

"Segera memperbaiki layanan air bersih di Marunda Kepu dan mengatasi segala hambatan pasokan air bersih bagi warga," kata Suci melalui keterangan tertulisnya yang dikutip, Kamis (19/5/2022).


Baca juga artikel terkait KRISIS AIR BERSIH MARUNDA KEPU atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Bayu Septianto

DarkLight