Rhoma Irama Turun Gunung Bikin Lagu Virus Corona, Apa Isi Liriknya?

Oleh: Alexander Haryanto - 6 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Rhoma Irama turun gunung dengan mengeluarkan lagu berjudul "Virus Corona", seperti apa liriknya?
tirto.id - Kengerian yang mencekam melanda segenap alam kala makhluk itu datang menyerang dan mematikan. Dia tak terlihat mata tak bisa diraba, namun sangat mengerikan seluruh manusia.

Itu adalah potongan bait lirik lagu dari raja dangdut Rhoma Irama berjudul "Virus Corona" yang dirilisnya lewat akun YouTube GP Records. Ia turut bersuara melalui lagu terkait penyebaran virus berbahaya ini.

Di Indonesia sendiri, total jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia telah mencapai 2.273 pasien, demikian berdasarkan data update pada Minggu, 5 April 2020. Data Gugus Tugas juga menunjukkan jumlah pasien positif Covid-19 yang sampai sekarang masih menjalani perawatan di Indonesia sebanyak 1.911 orang.

Pasien yang berhasil sembuh juga bertambah menjadi 164 orang. Angka kesembuhan ini setara 7,21 persen dari total jumlah kasus positif. Akan tetapi, jumlah kematian pasien positif Covid-19 masih bertambah, yakni menjadi 198 orang.

Melihat fenomena itu, Rhoma Irama langsung berinisiatif merilis sebuah karya lagu berjudul “Virus Corona”, yang diciptakan dan nyanyikan sendiri di bawah naungan label GP Records.

"Lagu ini dimaksudkan untuk menyemangati dan mengajak umat manusia untuk berintropeksi diri dan bisa mengambil hikmah dari wabah yang sedang terjadi," kata Rhoma lewat keterangan pers dilansir dari laman YouTube GP Records.


Lagu ini menceritakan tentang kesedihan, kegelisahan dan ketakutan umat manusia di dunia akan virus corona yang sedang mewabah dan mematikan ini. Namun, dalam liriknya tekandung pesan cukup mendalam.

"Pesan tersebut yaitu mengajak manusia agar berintropeksi diri agar jangan merasa menjadi manusia yang hebat/kuat, karena tanpa pertolongan Tuhan manusia adalah mahluk yang lemah."

Lagu ini di aransemen dengan tempo lambat serta di balut dengan alunan nada sedih. Sehingga, kata Rhoma, orang yang mendengarnya akan terbawa suasana.

“Saya berharap semoga lagu ini bisa menginspirasi kita semua untuk menjaga agar penyebaran virus corona tidak semakin merebak. Dan tentunya, mari kita jaga kesehatan serta yang utama banyak berdoa agar musibah ini segera berlalu dan kita bisa mengambil hikmah daripadanya Amin," ujar Rhoma Irama.

Berikut lirik lagu "Virus Corona" Rhoma Irama:

Kengerian yang mencekam melanda segenap alam
Kala mahkhluk itu datang menyerang dan mematikan
Dia tak terlihat mata tak bisa diraba
Namun sangat mengerikan seluruh manusia

Hampir di segenap negeri mereka menutup diri
Isolasi bersembunyi ketakutan tak terperi

Reff:

Hanyalah padamu tuhan kami mohon perlindungan
Dari ancaman bahaya virus yang makin mewabah
Berilah inayah untuk menghentikan

Mata dunia terbuka betapa lemah manusia
Walaupun sudah digdaya ternyata rapuh padanya
Hanyalah dengan mikroba bernama corona
Sungguh telah menghancurkan sendi kehidupan

Ikhtiar dan juga doa mari kita upayakan
Agar dunia terbebas darinya…
Virus Corona



Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Musik)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH
DarkLight