Liga Jerman

Respons Muller Usai Lakoni Laga Bundesliga di Tengah Pandemi Corona

Oleh: Wan Faizal - 18 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Muller dkk sukses raih poin penuh usai laga Union Berlin vs Bayern Munchen berakhir 0-2.
tirto.id - Thomas Muller merasakan sensasi 'geli' saat melakoni laga Bundesliga tanpa penonton usai timnya, Bayern Munchen, mengalahkan Union Berlin pada Minggu (18/5/2020) di Stadion An der Alten Försterei, Berlin.

"Ada perasaan geli bagi saya. Rasanya tidak jauh beda seperti ketika kita memulai Bundesliga di bulan Agustus," kata Muller sebagaimana dikutip dari laman beIN Sports, Senin (19/5/2020).

Kegelian itu, menurut Muller, lantaran ada yang berbeda dari apa yang semestinya ia lakukan terkait rutinitas atau yang selama ini ia lakoni.

"Terakhir kali tim-tim bermain adalah pada pertengahan Maret lalu. Setelahnya mereka harus vakum dan berlatih secara mandiri di rumah masing-masing," kata striker berusia 30 tahun itu.

Jika pada awal musim para pemain masih bisa melakoni laga uji coba sebelum bertanding di kompetisi resmi, saat ini, kata Muller, mereka harus lekas bermain dengan masa persiapan yang terbilang singkat.

Akan tetapi, di balik 'kegelian' Muller itu, Liga Jerman membuktikan pada dunia bahwa sepak bola bisa tetap berlangsung meski sedang berada di tengah pandemi COVID-19.

Berkat kepatuhan dan konsistensi menerapkan aturan yang telah ditentukan, bermain sepak bola bukan hal yang mustahil meski harus dilangsungkan tanpa penonton.


Curi Poin Penuh

Muller dan kolega berhasil melewati laga perdana Bundesliga musim 2019-2020 usai di-restart saat membawa pulang tiga poin berkat kemenangan 0-2 dari Union Berlin.

Dua gol Bayern dicetak oleh Robert Lewandowski dan Benjamin Pavard pada masing-masing babak. Muller sebenarnya bisa turut mencetak gol tetapi dianulir oleh VAR lantaran dalam posisi offside.

"Kami datang ke sini [Berlin] dengan target meraih kemenangan. Kami senang bisa memenuhi target tersebut. Tapi pastinya masih banyak hal yang harus kami perbaiki, terutama di 25 menit pertama saat kami terlalu sering main bola panjang," kata Muller dilansir laman resmi Bayern Munchen, Minggu (17/5/2020).

"Semua berjalan lebih baik setelahnya. Gol pertama membuat kami semakin merasa aman dan harusnya bisa menambah gol lagi di awal babak kedua. Kami bermain bagus tetapi seharusnya bisa lebih bagus lagi," imbuh bomber kelahiran Weilheim in Oberbayern itu.

Whoscored mencatat, Bayern mendominasi jalannya laga dengan penguasaan bola sebesar 68 persen berbanding 32 persen dari tuan rumah.

Secara total tembakan pun, tim tamu lebih dominan dengan 13 tembakan yang tiga di antaranya tepat sasaran, sedangkan Union Berlin hanya melepaskan sembilan tembakan dan dua di antaranya tepat ke gawang.

Hasil itu membawa Bayern masih aman di puncak klasemen Liga Jerman. Keunggulan empat poin dari Borussia Dortmund bisa mereka jaga jelang pertemuan keduanya pada akhir bulan nanti.

"Kami masih bisa menjaga jarak empat poin. Hasil ini juga membawa kami semakin dekat dengan target utama kami musim ini," kata Muller.


Baca juga artikel terkait LIGA JERMAN atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Ibnu Azis
DarkLight