Restart Bundesliga 2020: Liga Jerman Izinkan 5 Pergantian Pemain

Oleh: Wan Faizal - 15 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Bundesliga 2019/2020 akan mengadopsi format baru yang mengizinkan adanya 5 pergantian pemain dalam satu pertandingan.
tirto.id - Bundesliga 2019/2020 restart atau menggulirkan kembali kompetisi akhir pekan nanti. Liga Jerman akan mengadopsi format baru dari IFAB yang mengizinkan adanya 5 pergantian pemain dalam satu pertandingan. Tapi, itu hanya berlaku untuk laga play-off.

IFAB, International Football Association Board, bermaksud untuk melindungi para pemain di tengah pandemi Corona COVID-19 ini. Tambahan pergantian pemain menjadi 5 dari yang biasanya 3 dimaksudkan untuk meminimalisir potensi cedera para pemain.

Musim 2019/2020 tidak bisa berjalan seperti biasa. Sempat vakum selama dua bulan, pertandingan harus digelar kejar tayang agar kompetisi lebih cepat selesai. Pemain menjadi pihak yang tidak diuntungkan karena jadwal pertandingan menjadi sangat padat.

Dalam penjelasannya, DFL selaku operator Liga Jerman mengatakan bahwa 3 pergantian pemain tetap dilakukan dalam waktu normal. Sedangkan 2 sisanya baru bisa dilakukan jika terjadi extra time pada laga play-off degradasi

"The International Football Association Board (IFAB) yang bertanggung jawab terkait aturan ini telah memberikan peluang dilakukannya tambahan pergantian tersebut," sebut DFL di situs resminya.

"Untuk selanjutnya, setiap tim mendapatkan tiga kesempatan melakukan pergantian pemain di waktu normal, termasuk di jeda pergantian babak," tambahnya.

"Jika di laga second leg play-off degradasi harus diselesaikan lewat perpanjangan waktu, kedua tim diberikan kesempatan melakukan pergantian pemain keempat."

"Pergantian itu bisa dilakukan ketika istirahat jelang babak pertama extra time atau ketika masa rehat di antara babak perpanjangan waktu tersebut."

"The DFL Football Commission juga merekomendasikan agar maksimal dua pergantian pemain bisa dilakukan di waktu yang sama pada extra time tersebut," pungkas DFL.


Musim Ini Bisa Selesai Juli

DFL juga mengumumkan hasil rapat lainnya dengan 36 klub dari Bundesliga 1 dan Bundesliga 2, yakni terkait kesepakatan bahwa musim bisa saja selesai sampai Juli 2020.

Sebelumnya ditegaskan bahwa DFL ingin agar kompetisi musim ini selesai pada 30 Juni 2020. Namun apa pun bisa tidak pasti di tengah masa pandemi sehingga mereka terbuka dengan kemungkinan lain.

Apalagi, Liga Jerman terbiasa melakoni dua pertandingan lagi ketika musim reguler selesai, yakni play-off yang melibatkan tim peringkat 16 Bundesliga 1 dan tim urutan ketiga di Bundesliga 2.

Kedua tim itu akan bertarung dalam dua laga untuk memperebutkan satu jatah bermain tersisa di strata tertinggi sepakbola Jerman itu.

Apa pun itu, fans tentu sudah senang dengan kepastian dimulainya Bundesliga akhir pekan ini. Laga Borussia Dortmund vs Schalke akan menjadi salah satu sajian menarik untuk memulai lagi kompetisi.

Laga seru lain akan menghadirkan pertemuan antara Union Berlin vs Bayern Munchen. Selain itu, RB Leipzig di peringkat ketiga akan menjamu Freiburg di pekan yang sama.

Baca juga artikel terkait BUNDESLIGA atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Wan Faizal
Penulis: Wan Faizal
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight