Resep Kue Sus dan Eclair Homemade: Enak dan Mudah Dibuat

Penulis: Dhita Koesno, tirto.id - 19 Okt 2020 13:56 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Resep Kue Sus dan Éclair Homemade, camilan enak yang mudah dibuat di rumah.
tirto.id - Kue sus tentu sudah tak asing didengar dan hampir semua orang pasti pernah memakannya. Selain kue sus, ada pula éclair yang jika dimakan, rasanya mirip dengan kue sus.

Dikutip dari The Spruce Eats, kue sus dan éclair biasa selalu tersaji di toko patisserie Prancis, walau keduanya memiliki tampilan yang berbeda, resep kue sus dan éclair umumnya menggunakan bahan yang sama.

Kue sus memiliki tampilan bulat yang di tengahnya berisi krim pemanis, sementara éclair berbentuk panjang pipih yang di atasnya diberi krim pemanis.

Meski terkesan mewah, ternyata kue sus dan éclair bisa dibuat sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

Resep Kue Sus


Berikut ini resep kue sus dan éclair dilansir dari BBC Good Food:

Bahan roti:

  • 140gr tepung terigu
  • Sejumput gula
  • 125ml susu
  • 100gr mentega
  • 4 butir telur

Untuk isian puding:

  • 300ml susu
  • 50gr gula kastor
  • 2 kuning telur
  • 1 sdt ekstrak vanili
  • 4 sdt tepung terigu dan tepung jagung
  • 300ml krim ganda

Cara Membuat Krim Kue Sus:

1. Mulailah dengan membuat isian puding. Panaskan susu hingga hampir mendidih di dalam panci. Sementara itu, campur gula, kuning telur, dan vanili dalam mangkuk, lalu masukkan tepung, beberapa sendok teh sekaligus, hingga menjadi pasta halus.

2. Kocok susu panas secara bertahap, tuangkan kembali semuanya ke dalam panci dan masak dengan api besar, aduk terus, selama sekitar 5 menit sampai kental, susu akan menggumpal tetapi jangan khawatir, terus aduk dengan kuat menggunakan sendok kayu sampai halus.

3. Letakkan krim sedikit demi sedikit di atas permukaan custard, lalu dinginkan hingga Anda siap mengisi untuk kue sus dan mengoleskannya di eclair.

Cara Membuat Roti:

1. Untuk membuat roti, panaskan oven dengan suhu 220C. Ayak tepung dengan gula dan sedikit garam ke dalam mangkuk kecil.

2. Masukkan susu dan mentega ke dalam panci berukuran sedang dengan air 125ml dan panaskan perlahan agar mentega meleleh tetapi cairannya tidak menggelembung.

3. Setelah mentega benar-benar meleleh, besarkan api sampai cairan mendidih dengan cepat. Segera matikan api, masukkan tepung yang sudah diayak dan kocok kuat-kuat dengan sendok kayu hingga adonan halus keluar dari sisi wajan.

4. Oleskan di atas piring makan besar hingga dingin dan bisa disentuh dengan tangan.

5. Biarkan dingin selama beberapa menit, lalu tambahkan telur secara bertahap, aduk rata di antara setiap penambahan hingga adonan kalis. Jangan tambahkan semua telur sekaligus.

6. Potong kue menjadi 2 lembar besar. Pada masing-masing, gambarlah 2 set garis 'track' dengan jarak 10cm, ini akan menjadi pedoman untuk bentuk kue sus dan eclair berukuran kurang lebih sama. Gunakan kertas untuk melapisi 2 loyang besar.

7. Masukkan campuran choux Anda ke dalam piping bag dengan bintang 1cm atau nosel lebar bulat, atau ke dalam piping bag sekali pakai dengan lubang berukuran serupa yang dipotong untuk pipa.

Pipa 2 baris bentuk 'S' dengan jarak yang tepat dan terjepit pada setiap lembar di antara garis pedoman. Panggang, satu baki pada satu waktu, di rak tinggi selama 25 menit, turunkan suhu menjadi 200C segera setelah dimasukkan ke dalam oven.

8. Setelah 25 menit, buat lubang di ujung setiap roti, atau gunakan pisau kecil bergerigi, belah bagian tengahnya dan kembali ke oven, lalu balik untuk mengeringkannya selama 5 menit sampai renyah dan berwarna keemasan. Sisihkan hingga dingin.

9. Selagi roti mendingin, selesaikan isinya. Kocok krim hingga kental, lalu gunakan pengocok elektrik untuk mengocok yang sudah dingin, atur custard hingga halus kembali.

10. Lipat krim. Masukkan isiannya ke dalam piping bag atau gunakan nosel kecil jika Anda mengisi kuenya melalui lubang yang telahditusuk, atau nosel besar jika Anda telah membelah roti menjadi dua.

11. Masukkan isinya dengan hati-hati ke dalam setiap roti yang sudah didinginkan, roti akan terasa berat setelah penuh.

12. Atur roti di rak kawat dan ratakan masing-masing dengan sedikit lapisan gula pilihan.


Resep Éclair Crunch Caramel

Lelehkan 100g golden caster sugar dalam wajan dengan 2 sdm golden syrup dan 2 sdm air. Setelah meleleh, besarkan api, gelembungkan hingga berwarna karamel, angkat, dan masukkan 4 sdm almond panggang.

Celupkan bagian atas setiap roti dengan hati-hati ke dalam karamel panas, masukkan sedikit lebih banyak untuk menutupi jika Anda mau. Dinginkan di rak kawat.

Resep Kue Sus Kopi dan Éclair Kacang

Setelah Anda mengocok telur ke dalam campuran choux, masukkan 85g kenari cincang halus.

Tambahkan 2 sdm kopi kental ke dalam isian custard, dan buat icing dengan mencampurkan 140g gula icing dengan kopi kental secukupnya untuk mendapatkan konsistensi yang kental tapi encer untuk ditaburkan di atas roti isi.

Resep Éclair Coklat Klasik

Lelehkan 100 gram cokelat murni dan 25 gram mentega bersama-sama dalam mangkuk tahan panas di atas panci berisi air yang hampir tidak mendidih.

Setelah meleleh, angkat dan aduk dengan krim ganda 75ml dan 1 sdm gula pasir yang sudah diayak. Setelah agak dingin, oleskan ke atas kue dan biarkan hingga dingin.


Baca juga artikel terkait RESEP KUE SUS atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Hobi)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Agung DH

DarkLight