Resep Kreasi Pisang Goreng untuk Sajian Berbuka Puasa

Oleh: Balqis Fallahnda - 11 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Pisang mememiliki manfaat sebagai energy booster sehingga bisa menjadi pilihan sebagai menu pelengkap buka puasa.
tirto.id - Pisang salah satu buah yang banyak digemari. Mengkonsumsi pisang juga baik untuk kesehatan karena merupakan sumber serat, dan mengandung kalium, bitamin B6, vitamin C, antioksidan yang tinggi, serta fitonutrien. Demikian sebagaimana ditulis Heathline.

Disamping dimakan langsung, pisang juga bisa diolah menjadi berbagai makanan olahan yang enak, Salah satu yang menjadi favorit hampir semua orang dan kalangan adalah olahan pisang goreng.

Saat bulan Ramadhan seperti saat ini, pisang goreng juga banyak dipilih menjadi hidangan untuk berbuka puasa. Rasanya yang gurih, manis, dan legit selalu laris diburu pembeli. Orang-orang seringkali memilih membeli pisang goreng, karena pisang goreng yang dijual biasanya lebih enak, lebih gurih, dan lebih krenyes.

Namun, sebenarnya Anda bisa memasak pisang goreng sendiri di rumah dengan mudah dan sederhana, soal rasa tentu tidak kalah dengan jualan pisang goreng yang sering Anda beli. Berikut kreasi resep pisang goreng untuk sajian berbuka puasa yang patut Anda coba.

Bahan

1 sisir pisang Jantan atau pisang kepok yang sudah matang

250gram tepung beras

1 sdt garam (sesuai selera)

½ sdt kapur sirih

Air secukupnya

Minyak untuk menggoreng

Cara membuat

- Kupas pisang, lalu iris membentuk kipas, atau bisa dipotong tipis sesuai selera.

- Masukkan tepung beras ke dalam sebuah wadah adonan yang cukup untuk mencelupkan pisang.

- Larutkan garam dengan air ke dalam gelas.

- Larutkan kapur sirih dengan air ke dalam gelas.

- Campurkan larutan air dan kapur sirih ke dalam wadah adonan yang sudah berisi tepung beras.

- Tambah air jika adonan terasa masih terlalu kental, tapi jangan terlalu banyak agar tidak terlalu cair.

- Sambil membuat adonan, panaskan minyak goreng.

- Celupkan atau lumuri pisang dengan adonan, pastikan agar semua bagian pisang dilumuri hingga merata.

- Selanjutnya, goreng pisang hingga matang dan berwarna kuning keemasan.

- Pisang goreng krenyes siap dinikmati.

Manfaat pisang bagi kesehatan

Energy booster

Pisang adalah pilihan tepat untuk memulihkan tenaga dengan cepat, maka adalah pilihan tepat untuk mengkonsumsinya saat berbuka, karena tubuh perlu segera memulihkan tenaga karena belum diisi asupan apapun seharian.

Berdasarkan penelitian dari Appalachian State University pada tahun 2012. Dua buah pisang terbukti dapat mencukupi kalori yang dibutuhkan tubuh saat melakukan olahraga dalam waktu 1/2 - 1 jam, demikian melansir Everydayhealth.

Kesehatan jantung

Pisang kaya akan kalium, yang dapat membantu sistem sirkulasi oksigen ke otak. Menurut National Institutes of Health hal ini juga membantu tubuh menjaga detak jantung dengan secara teratur. Menurunkan tekanan darah, dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

American Heart Association juga melaporkan dalam jurnalnya, bahwa makanan yang kaya akan kalium juga diketahui dapat mengurangi risiko stroke pada wanita lanjut usia.

Kesehatan ginjal

Kalium sangat penting untuk kontrol tekanan darah dan fungsi ginjal yang sehat. Sebagai sumber makanan potasium yang baik, pisang mungkin sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal.

Satu studi selama 13 tahun pada wanita menemukan bahwa mereka yang makan pisang 2–3 kali per minggu adalah 33 persen lebih rendah untuk terserang penyakit ginjal.

Studi lain mencatat bahwa mereka yang makan pisang 4-6 kali seminggu hampir 50% lebih kecil kemungkinannya terserang penyakit ginjal dibandingkan mereka yang tidak makan buah ini. Demikian sebagaimana ditulis Healthline.


Baca juga artikel terkait RESEP BUKA PUASA atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Hobi)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Yantina Debora
DarkLight