Resep Daging Masak Serai untuk Menu Sahur dan Buka Puasa

Oleh: Dewi Sekar Pambayun - 27 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Resep daging masak serai sebagai menu sahur dan buka puasa di bulan Ramadan tahun ini.
tirto.id - Daging sapi merupakan salah satu jenis bahan masakan yang paling disukai, karena banyak mengandung zat besi, protein dan kebutuhan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita.

Teksturnya yang padat, daging sapi tetap menjadi santapan favorit. Tak hanya itu daging sapi pun memiliki segudang nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita seperti sodiumnya yang rendah. Selain itu daging sapi juga merupakan sumber dari protein, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B12, zinc, selenium, dan fosfor.

Protein daging sapi sangat bergizi dan dapat meningkatkan pemeliharaan dan pertumbuhan otot. Daging sapi juga mengandung berbagai lemak, yaitu lemak jenuh dan lemak tak jenuh tunggal dengan jumlah yang sama.

Asam lemak utama adalah asam stearat, asam oleat, dan asam palmitat. Selain menambah rasa, lemak juga meningkatkan kandungan kalori daging. Memiliki kandungan protein berkualitas tinggi, ketika daging sapi yang sudah dimasak pun masih mengandung protein setidaknya 26-27 persen.

Dan selanjutnya ada sebuah resep makanan yang berbahan dasar dari daging sapi yang simpel dan memiliki cita rasa yang sedap yang dikutip dari buku resep Laras Kinanthi:

Bahan

400 gram daging sapi tanpa lemak

700 ml air

3 sdm minyak, untuk menumis

Haluskan

7 butir bawang merah

3 siung bawang putih

5 buah cabai merah keriting

Garam secukupnya

5 batang serai, iris halus bagian putihnya

2 lembar daun salam

3 cm lengkuas, memarkan

1 buah jeruk limo, peras airnya

Cara Membuat

1. Iris daging ½ cm searahkan dengan serat daging. Rebus bersama air, bumbu yang dihaluskan, serai, daun salam, dan lengkuas sampai daging empuk. Angkat dan takar kaldunya sebanyak 200 ml.

2. Suwir-suwir daging lalu pukul-pukul sampai memar dan menyerabut. Campurkan kembali dengan 200 ml kaldu dan beri bumbu daun.

3. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk sampai air mulai mengering, Beri 3sdm minuak, lanjutkan mengaduk sampai airnya mengering lalu angkat.


Baca juga artikel terkait RAMADHAN 2020 atau tulisan menarik lainnya Dewi Sekar Pambayun
(tirto.id - Hobi)

Kontributor: Dewi Sekar Pambayun
Penulis: Dewi Sekar Pambayun
Editor: Yantina Debora
DarkLight