Rekomendasi Tanaman Gantung: dari Geraniun Hingga Wijaya Kusuma

Kontributor: Siti Ninda Lestari - 5 Nov 2020 15:22 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut adalah rekomendasi beberapa tanaman yang bisa menghiasi kebun Anda, sekaligus menjadi aktivitas selama pandemi.
tirto.id - Berkebun dan bercocok tanam merupakan hobi yang sedang digandrungi masyarakat selama masa pandemi Covid-19 ini. Berkebun bisa menjadi kesempatan bagi manusia untuk berinteraksi dengan alam, terutama bagi yang tinggal di lingkungan perkotaan.

Berkebun memiliki efek positif bagi kebahagiaan, kepuasan hidup sampai membantu mengurangi rasa kesepian. Orang yang aktif berkebun memiliki pengaruh positif pada kesehatan.

Selain itu, berkebun dapat membantu mengurangi depresi dan gangguan kecemasan, stres, gangguan suasana hati, peningkatan massa tubuh, dan meningkatnya kualitas hidup.

Penulis asal Inggris, Sarah Rayner mengatakan, berkebun baik bagi kesehatan mental karena membuat kita memiliki rasa tanggung jawab. Berkebun juga membuat kita fokus pada kegiatan yang menyenangkan. Berkebun juga dapat memberikan rasa damai.

Ada beberapa tanaman yang dapat dipelihara di kebun Anda, di antaranya adalah bunga geranium, bunga wijaya kusuma, dan tanaman rambat Lee Kuan Yew. Ketiga tanaman tersebut dapat tumbuh dengan cara digantungkan sehingga cocok bagi Anda yang memiliki keterbatasan lahan.



  • Bunga Geranium

Bunga geranium termasuk ke dalam genus geranium. Bunga ini memiliki 300 spesies yang kebanyakan tumbuh di selatan Afrika. Bunga ini memiliki banyak warna, mulai dari warna putih dengan variasi merah muda hingga warna merah gelap dan violet.

Bunga ini biasa dikembangbiakkan dengan cara pemotongan stem. Bunga geranium atau yang biasa dikenal cranesbill dapat tumbuh di dalam ruangan dan di luar ruangan.

  • Bunga Wijaya Kusuma

Bunga yang hanya mekar di malam hari ini memiliki banyak julukan, mulai dari nyonya malam, ratu malam, cereus mekar malam, kaktus pipa dutchman, keng hwa, epiphyllum, dan viburnum.

Bunga Wijaya Kusuma berwarna putih dengan bentuk bintang. Panjang bunga ini bisa mencapai 28 cm dan lebar 13 cm. Bunga ini mulai mekar pada jam 8-10 malam, lalu mencapai kepenuhan maksimum pada jam 12-3 pagi. Bunga ini akan tutup sebelum fajar.

  • Tanaman Lee Kuan Yew

Lee Kuan Yew (vernonia elliptica) dikenal juga sebagai curtain creeper karena bentuknya yang panjang menjuntai dengan batang ramping. Tanaman rambat ini dinamakan seperti nama mantan Perdana Menteri Singapura karena keberhasilannya membuat Garden City pada tahun 1967.

Bangunan Garden City dihiasi dengan berbagai tanaman rambat, salah satunya adalah tanaman vernonia elliptica. Semenjak itu nama Lee Kuan Yew digunakan sebagai nama populer vernonia elliptica.

Tanaman Lee kuan Yew juga umum digunakan sebagai dedaunan hias untuk menutup tembok rumah di pekarangan taman atau digunakan sebagai hiasan untuk vertical garden.

Ketiga tanaman tersebut dapat Anda pelihara di rumah untuk mengisi waktu luang atau melepas stres karena gerak yang terbatas di tengah pandemi COVID-19.


Baca juga artikel terkait BERKEBUN atau tulisan menarik lainnya Siti Ninda Lestari
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Siti Ninda Lestari
Penulis: Siti Ninda Lestari
Editor: Alexander Haryanto

DarkLight