Rekomendasi Anime Terbaru 2021: Ada Kimetsu no Yaiba dan Dr. Stone

Oleh: Dhita Koesno - 25 Januari 2021
Dibaca Normal 5 menit
Rekomendasi anime terbaru 2021: dari "Kimetsu no Yaiba", "Attack on Titan", hingga "One Punch Man".
tirto.id - Tahun 2021 telah tiba dan ada banyak anime yang akan rilis pada tahun ini.

Meskipun Pandemi COVID-19 memperlambat banyak produksi televisi dan perfilman, namun dunia animasi mampu terus berproduksi dbanding yang lainnya, demikian diwartakan Deen of Geek.

Dan tahun ini, anime khusus diatur untuk menayangkan banyak seri baru yang sebelumnya sempat tertunda.

Anime Terbaru 2021


Berikut ini daftar anime terbaru yang bakal tayang pada tahun 2021:

1. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba the Movie: Mugen Train

Kimetsu no Yaiba The Movie Mugen Train
Kimetsu no Yaiba The Movie Mugen Train. youtube/AniplexUS


Anime Demon Slayer mengakhiri Musim 1 pada akhir 2019 tepat sebelum busur Train Mugen dan membuat penggemar menantikan filmnya.

Anime Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba The Movie: Mugen Train (Mugen Ressha-Hen) dapat ditonton di jaringan bioskop di Indonesia seperti XXI dan CGV mulai Rabu, 6 Januari 2021.

Film ini memecahkan banyak rekor di Jepang pada akhir tahun 2020 (dan bahkan mengalahkan Spirited Away untuk menjadi film dengan pendapatan kotor tertinggi yang pernah ada di negara ini, yakni 34,64 miliar Yen).

Selain itu, Kimetsu no Yaiba The Movie: Mugen Train ada di urutan kelima film dengan pendapatan terbesar di seluruh dunia sepanjang 2020, di bawah The Eight Hundred (461 juta dolar AS), My People, My Homeland (433 juta dolar AS), Bad Boys for Life (426 juta dolar AS), dan Tenet (362 juta dolar AS).

Mengisahkan tentang Tanjiro Kamado, bergabung dengan Inosuke Hashibira, seorang anak laki-laki yang dibesarkan oleh babi hutan yang memakai kepala babi hutan.

Dan Zenitsu Agatsuma, seorang anak laki-laki ketakutan yang mengungkapkan kekuatan sejatinya ketika dia tidur, naik Kereta Infinity dalam misi baru dengan Pilar Api, Kyojuro Rengoku.

Mereka bergabung untuk mengalahkan iblis yang telah menyiksa orang-orang dan membunuh pembunuh iblis yang menentangnya.


2. Attack on Titan: The Final Season

Attack On Titans 4
Attack On Titan Season 4. wikimedia commons/fair use


Memasuki musim keempatnya, anime bergenre drama fantasi ini masih bercerita tentang perjalanan Eren Yeagar, sang tokoh utama, untuk membalas dendam orang tuanya.

Seperti dikutip Antara, sejak musim pertama, Eren dikisahkan sebagai orang yang sangat membenci para Titan karena mereka telah membunuh ibunya. Eren kemudian bergabung dengan pasukan pemburu Titan bernama Survey Corps untuk membalas dendam tersebut.

Namun, alur cerita anime ini tak sesederhana urusan membalas dendam. Di dalamnya begitu banyak misteri dan plot-twist yang akan mengagetkan penonton.

Bahkan, anime ini juga mencantumkan unsur konspirasi politik sehingga alur ceritanya semakin menarik.

Dalam versi manga, Attack on Titan mendapatkan penghargaan Kodasha Manga Award 2011 untuk kategori Shonen dan penghargaan Yomiuri Shimbun’s Sugoi Japan Awards 2015 untuk kategori manga terfavorit.

3. My Hero Academia Season 5

My Hero Academia
My Hero Academia. Youtube/Toho Animation


My Hero Academia akan kembali tahun ini dengan Season 5. Season 4 dari My Hero Academia berakhir dengan pertarungan proporsi epik antara Endeavour, pahlawan Nomor 1 yang baru didirikan, dan Nomu yang sangat kuat bernama Hood.

Dalam pertempuran pertamanya sebagai pahlawan Nomor 1, Endeavour didorong hingga batas kemampuannya dan melampaui mereka.

Season 5 akan ditayangkan pada Musim Semi 2021 dan menjanjikan lebih banyak pertempuran intensitas tinggi antara dua kelas pahlawan di U.A., serta Midoriya mengungkap makna mimpinya yang misterius dalam adegan pasca-kredit di episode terakhir.


4. The Promised Neverland Season 2

The Promised Neverland
The Promised Neverland. wikimedia commons/penggunaan wajar/untuk poster


Anime ini tayang perdana pada 7 Januari 2021 dan dapat ditonton melalui Funimation (Subbed dan Dubbed), Crunchyroll (Subbed Saja), dan HBO Max (Dubbed Only)

Musim pertama The Promised Neverland hampir sebagus musim debut anime mana pun. Emma, ​​Ray, dan Norman adalah anak-anak yang menjalani kehidupan sederhana di dalam panti asuhan yang cermat.

Anak-anak yatim piatu segera mengetahui bahwa semua tidak seperti yang terlihat dan bahwa panti asuhan ini sebenarnya membudidayakan anak-anak untuk spesies yang mengerikan.

The Promised Neverland dengan elegan memadukan misteri, horor, dan petualangan melalui perspektif halus yang secara inheren naif.

Musim kedua dari seri ini memerinci eksodus anak yatim piatu ini saat mereka melarikan diri dari semua yang mereka ketahui sebelumnya dan menjelajahi dunia baru yang berani.

5. Dr. Stone: Stone Wars Season 2

Poster Film dr stone
Poster anime dr stone. FOTO/cdjapan.co.jp/product/TBR-29210D


Dr. Stone: Stone Wars season 2 ditayangkan perdana pada 14 Januari 2021. Dr. Stone memulai dengan wabah misterius yang mengubah populasi dunia menjadi batu.

Ribuan tahun kemudian, beberapa manusia akhirnya keluar dari penjara mereka yang membatu dan ditugaskan untuk membangun kembali masyarakat yang telah jatuh ke zaman prasejarah.

Season pertama Dr. Stone secara kreatif mengeksplorasi bagaimana masyarakat ini dapat menggunakan alam untuk menempa alat-alat ilmiah yang terus memungkinkan peradaban mereka maju.

Mereka akhirnya menghadapi masyarakat yang berlawanan yang menentang sains dan modernitas yang menyertainya.

Season kedua Dr. Stone, Stone Wars, berfokus pada konflik antara dua suku ini dengan nasib peradaban yang dipertaruhkan.

Kegembiraan di Dr. Stone adalah melihat bagaimana Senku Ishigami yang brilian menggunakan pengetahuannya tentang sains untuk memecahkan masalah.

Tetapi season kedua tampaknya lebih fokus pada tindakan, yang hanya akan meningkat di atas fondasi yang kuat yang telah dibangun Dr. Stone.


6. Detective Conan

Detective Conan
Detective Conan. wikimedia commons/fair use


Detective Conan menceritakan perjalanan Shinichi Kudo, sang karakter utama yang merupakan detektif remaja penuh talenta. Namun, dia harus terperangkap dalam tubuh anak usia 7 tahun akibat diracuni saat melakukan investigasi.

Shinichi kemudian menyamarkan identitasnya sebagai Conan Edogawa dan tinggal bersama teman kecilnya Ran Mouri dan ayahnya, Kogoro Mouri yang berprofesi sebagai detektif swasta.

Dengan segala keterbatasan, Conan tetap melakukan tugas detektif demi membongkar kejahatan kelompok yang sempat meracuninya.

Detective Conan menjadi ikon anime global dan dikenal sebagai salah satu serial yang tayang paling lama di Jepang. Anime yang satu ini juga pernah mendapatkan Shogakukan Manga Award kr-46 pada 2001 untuk kategori Shonen.

7. ​​​​​​​One Punch Man

One punch man
One punch man. FOTO/imdb


One Punch Man merupakan anime yang memiliki sentuhan komedi khas yang dapat membuat penonton terbahak-bahak.

Musim pertama dan kedua dari anime ini berpusat pada Saitama, sang karakter utama yang bercita-cita ingin menjadi pahlawan super.

Untuk mewujudkan mimpinya, dia berlatih dan memperkuat diri selama tiga tahun dan akhirnya berhasil memiliki kekuatan super, meski harus kehilangan seluruh rambutnya.

Saitama menjadi sangat kuat, bahkan terlalu kuat sampai-sampai tak ada musuh yang bisa mengalahkannya. Hanya dengan satu pukulan, dia bisa mengalahkan siapapun.

Namun, hal ini justru menjadi konflik baru di kehidupan Saitama yang merasa bosan selalu menang melawan musuh-musuhnya.

Jalan ceritanya yang tak biasa ini membuat One Punch Man mendapatkan beragam penghargaan, salah satunya masuk menjadi nominasi manga terbaik di ajang Manga Taishō Awards 2014.

Di ajang Eisner Award 2015, anime ini juga masuk ke sebagai nominasi manga terbaik.

Masih ada beberapa anime yang juga tayang pada tahun ini dan beberapa di antaranya adalah:

  • Osomatsu-san Season 3
  • Jujutsu Kaisen
  • SK8 the Infinity
  • Back Arrow
  • Cells at Work! Season 2
  • Cells at Work! CODE BLACK
  • The World Ends With You
  • Re: Zero - Starting Life in Another World Season 2 Part 2
  • Evangelion 3.0+1.0 Thrice Upon a Time
  • Uzimaki
  • Chainsaw Man


Baca juga artikel terkait ANIME TERBARU 2021 atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Film)

Penulis: Dhita Koesno
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight