Jadwal Film Kimetsu no Yaiba di Indonesia: Fans Screening Desember

Oleh: Oryza Aditama - 3 November 2020
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal film anime Kimetsu no Yaiba: Mugen Train di Indonesia: fans screening pada 19 Desember 2020 dan general release pada Januari 2021.
tirto.id - Odex, distributor anime wilayah Asia Tenggara, mengumumkan sesi pemutaran untuk penggemar (fans screening) film anime Kimetsu no Yaiba: Mugen Train di Indonesia akan dimulai pada 19 Desember 2020. Sementara itu, penayangan umum film tersebut dilakukan pada Januari 2021.

"Jadwal rilis (Kimetsu no Yaiba: Mugen Train) di Indonesia adalah sebagai berikut: 19 Desember untuk fans screening, Januari 2021 untuk penayangan umum," keterangan Odex melalui kanal Youtube resmi mereka pada Senin (2/11/2020).

Pada September lalu, Managing Director Odex, Peter Go, dikutip Antara menyebutkan, rilis film yang merupakan kelanjutan anime Kimetsu no Yaiba Season 1 ini akan dilakukan pada Februari 2021, sedangkan fans screening pada Januari. Namun kini, perusahaan yang bermarkas di Singapura tersebut resmi memajukan jadwal.

Sejauh ini, jaringan bioskop di tanah air yang sudah dipastikan memutar film berjudul Jepang Kimetsu no Yaiba: Mugen Ressha-Hen itu baru bioskop CGV. Di sisi lain, ODEX sudah melakukan pembicaraan dengan beberapa jaringan lainnya, seperti Cinepolis, Platinum, New Star, Flix, dan Lotte. Kepastian akan diumumkan jelang tanggal perilisan.


Apa Itu Fans Screening?


Seperti di sejumlah negara Asia Tenggara lainnya, pemutaran film anime Kimetsu no Yaiba: Mugen Train di Indonesia diawali dengan fans screening (pemutaran khusus untuk penggemar) beberapa pekan sebelum jadwal rilis untuk umum.

Berbeda dengan rilis umum, pemutaran untuk penggemar biasanya juga disertai dengan sejumlah event tambahan yang berkaitan dengan film maupun animenya. Tak jarang pula dalam fans screening juga disediakan sejumlah merchandise.


Sinopsis Film Kimetsu no Yaiba: Mugen Train


Film anime Kimetsu no Yaiba: Mugen Train diproduksi oleh Ufotable, dan disutradarai Haruo Sotozaki. Film ini merupakan sekuel langsung dari serial anime Kimetsu no Yaiba musim pertama yang tayang di Jepang pada April hingga September 2019 sebanyak 26 episode.

Kisah film dan serial anime Kimetsu no Yaiba sendiri merupakan adaptasi dari manga yang berjudul sama, karya Koyoharu Gotouge. Manga Kimetsu no Yaiba sudah tamat setelah 205 chapter. Tankobon (volume) terakhir, yaitu tankobon ke-23 akan dirilis pada 4 Desember 2020.

Kimetsu no Yaiba mengisahkan petualangan Tanjiro Kamado yang berjuang mengubah sang adik, Nezuko Kamado, untuk menjadi manusia kembali. Nezuko berubah menjadi iblis selepas sebuah tragedi yang menewaskan keluarga mereka dan melibatkan sang musuh utama, Muzan Kibutsuji.

Khusus film anime Kimetsu no Yaiba: Mugen Train, kisahnya diambil dari adaptasi Arc Mugen Train dalam manga yang sama (chapter 54 hingga 69). Diceritakan Tanjiro Kamado dan kawan-kawannya membeli tiket untuk menumpang sebuah kereta (Mugen Ressha).

Di sana, mereka bergabung dengan Kyojuro Rengoku, salah satu pendekar pedang terkuat dari Kisatsutai (Demon Slayer Corps), untuk menginvestigasi kasus hilangnya banyak orang dalam waktu singkat di kereta api tersebut.

Salah satu lawan terberat Tanjiro Kamado kali ini adalah Enmu, salah satu anggota dari Jūnikizuki (12 Iblis Bulan) yang merupakan bawahan langsung Muzan Kibutsuji.

Di Jepang, Kimetsu no Yaiba menuai sukses besar dari segi penjualan manga, anime, hingga filmnya. Oricon menempatkan Kimetsu no Yaiba sebagai manga terlaris dalam periode November 2018 sampai November 2019. Serial ini tercatat sebagai manga pertama yang mampu menggeser One Piece, yang sebelumnya berstatus manga terlaris selama 12 tahun.

Dari segi serial anime, Kimetsu no Yaiba meraih penghargaan sebagai "Anime of the Year" dalam Crunchyroll Anime Awards 2020 dan Anime of the Year Grand Prize dalam Tokyo Anime Awards Festival 2020.

Dikutip dari Variety, menyusul kesuksesan manga dan animenya, film anime Kimetsu no Yaiba: Mugen Train yang dirilis di Jepang pada 16 Oktober 2020 memperoleh pendapatan kotor kumulatif hingga 151 juta dola AS.

Sebelumnya, dalam 10 hari sejak tanggal perilisan resminya, film ini menembus angka 100 juta dolar AS, yang merupakan rekor baru untuk box office Jepang.





Jadwal Rilis Kimetsu no Yaiba: Mugen Train di Indonesia


Fans Screening: 19 Desember 2020

Rilis Umum: Januari 2021

Jaringan Bioskop: CGV Cinema (resmi), Cinepolis, Platinum, New Star, Lotte (tahap pembicaraan).

Baca juga artikel terkait KIMETSU NO YAIBA atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - )

Kontributor: Oryza Aditama
Penulis: Oryza Aditama
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight