Menuju konten utama

Rangka Esaf Honda Mulai Tahun Berapa & Daftar Motor Pakai eSAF

Rangka eSAF mulai tahun berapa digunakan di motor Honda? Simak penjelasannya beserta daftar motor yang menggunakan dan cara merawatnya.

Rangka Esaf Honda Mulai Tahun Berapa & Daftar Motor Pakai eSAF
Suasana rapat klarifikasi antara Kementerian Perhubungan bersama perusahaan otomotof terkait rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) sepeda motor yang patah dan korosi yang digelar di Jakarta, Senin (28/8/2023). FOTO/Kemenhub

tirto.id - Rangka eSAF tahun berapa diluncurkan. Kemunculan rangka eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame) menjadi andalan Honda untuk disematkan pada berbagai produk sepeda motornya.

Peluncuran eSAF dilakukan pada akhir 2019. Produk motor yang memakai rangka eSAF pertama kali adalah Honda Genio. Setelah itu, Honda menanamnya di sejumlah daftar motor baru besutannya.

Rangka eSAF menjadi terobosan Honda kala itu yang digadang memberikan tambahan kenyamanan dan keamanan untuk penggunanya. Selain itu, eSAF turut diklaim bisa meningkatkan kinerja, efisiensi, dan mudah dalam perawatan.

Kelebihan Rangka eSAF

Rangka eSAF adalah rangka yang didesain untuk sepeda motor skuter matik. Rangka ini memiliki desain struktur bagian depan terhubung langsung dengan dudukan pengendara sepeda motor.

Bahan rangka eSAF berupa pelat baja yang diterapkan sistem tekan (press). Rangka lalu di-las menggunakan teknologi pengelasan laser.

Hasil dari rangka ini membuat desainnya dinilai ergonomis. Ada sisi kenyamanan yang diupayakan dirasakan pengendara saat menaikinya ketimbang menaiki motor dengan penggunaan jenis rangka lainnya.

Adapun teknologi yang dipakai sudah mengadopsi teknologi terbaru. Teknologi ini diklaim meminimalisasi deformasi dan menyokong kekuatan tambahan. Efeknya, kendaraan menjadi lebih tahan saat menghadapi berbagai tantangan medan sewaktu digunakan berkendara.

Motor yang menggunakan rangka eSAF digadang pula lebih ringan dan memudahkan pengendara dalam bermanuver. Penggunaan bahan bakar lebih hemat kapasitas tangki bahan bakar lebih besar.

Daftar Motor Honda yang Pakai eSAF

Motor Honda yang pakai rangka eSAF sudah ada beberapa model saat ini. Jenis motor tersebut yaitu:

1. Honda Genio

Honda Genio menjadi motor pertama yang menggunakan rangka eSAF pada 2019 lalu. Penggunaan eSAF membuatnya lebih ringan dari Honda BeAT. Mesinnya sudah memakai eSP generasi terbaru dengan kapasitas mesin 109,5 cc SOHC, bertenaga 8,8 tk di putaran 7.500 rpm

2. All New Honda BeAT series

All New Honda BeAT series 110 cc diluncurkan 16 Januari 2020. Pembaruan dilakukan pada penggunaan rangka eSAF yang ringan dan tahan defleksi. Dengan rangka ini, kapasitas bagasi naik menjadi 12 liter dan tangki bensin bertambah dari 4 liter ke 4,2 liter.

3. Honda BeAT Street

Honda BeAT Street juga menjadi kendaraan yang disematkan rangka eSAF sejak 2020. Mengutip laman Astra Honda, rangka eSAF pada BeAT Street terbaru mendapatkan garansi hingga lima tahun tanpa batas jarak tempuh untuk kendaraan yang diterima konsumen sejak 25 Oktober 2023,

4. Honda Scoopy

Honda Scoopy menggunakan rangka eSAF pertama kali untuk keluaran November 2020. Sampai dengan generasi keempat yang rillis akhir 2024, Honda masih mempertahankan rangka yang sama di Scoopy. Alasannya, Honda menyesuaikannya dengan kebutuhan di step floor dan berbagai part yang berkaitan lainnya.

5. Honda Vario 160

Rangka eSAF tahun berapa ditanam pada Honda Vario 160? Honda Vario 160 dirilis pada Februari 2022 lalu. Penggunaan rangka eSAF tetap dipertahankan saat peluncuran All New Honda Vario 160 pada Februari 2022.

Cara Merawat Rangka eSAF

Rangka eSAF yang ada di sebagian produk sepeda motor Honda perlu dilakukan perawatan untuk menjaga kualitas dan keawetannya. Cara merawat rangka eSAF sebagai berikut:

1. Lakukan pembersihan secara rutin

Cara membersihkan rangka eSAF bisa menggunakan air bersih dan sabun ringan. Hindari pemakaian bahan kimia keras saat memberikan agar tidak merusak lapisan atau finishing rangka.

2. Amati kondisi rangka

Langkah inspeksi visual diperlukan untuk mengecek kemungkinan kerusakan, goresan, hingga tanda keausan. Pastikan tidak ada keretakan yang bisa memicu kelemahan struktur rangka.

3. Tambahkan pelindung rangka

Pelindung rangka (frame sliders) membantu melindungi rangka dari benturan. Dengan begitu, rangka akan terjaga dari kerusakan.

4. Jangan membawa beban berlebihan

Rangka eSAF memiliki batasan kemampuan menahan berat. Cek buku petunjuk mengenai batas maksimal beban yang dapat ditanggung agar rangka tidak patah atau rusak.

5. Hindari melewati jalan berlubang

Pengendara sebaiknya menghindari jalan berlubang, Benturan keras sangat mungkin membuat kerusakan pada rangka.

6. Simpan kendaraan dengan benar

Sewaktu tidak digunakan, motor sebaiknya diletakkan pada permukaan rata dan stabil. Hindari menaruh banyak barang di atas motor dengan beban berat.

Baca juga artikel terkait GAYA HIDUP atau tulisan lainnya dari Balqis Fallahnda

tirto.id - Gaya hidup
Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
Penyelaras: Ilham Choirul Anwar