Ragam Profesi yang Cocok untuk Tipe Kepribadian Manusia

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 24 Februari 2020
Dibaca Normal 2 menit
Mengetahui ragam profesi yang cocok dengan beberapa tipe kepribadian manusia.
tirto.id - Secara umum, manusia memiliki empat karakter dalam dirinya yaitu sanguinis, plakmatis, koleris, dan melankolis. Namun, setiap orang hanya akan memiliki satu hingga dua sisi yang menonjol dalam dirinya.

Seperti dilansir dari laman IPFS, kepribadian manusia telah dikaji dan dirangkum tersebut masuk ke dalam teori proto-psikologis. Seorang dengan tipe sanguinis secara umum memiliki sikap optimis, aktif dan sosial.

Si koleris adalah pribadi yang pemarah, cepat serta mudah tersinggung. Kemudian tipe melankolis merupakan tipe orang dengan sikap analitis, bijak dan tenang, sementara plegmatis adalah orang yang santai dan damai.

Klasifikasi ini berasal dari Hippocrates yang meyakini konsep humorisme. Ia memasukkan keempat temperamen berdasarkan cairan tubuh yang memengaruhi perilaku manusia dan sifat-sifat kepribadian.

Dia bersikeras bahwa suasana hati dan emosi bergantung pada kelebihan atau kekurangan cairan itu dalam tubuh manusia.

Meski dunia psikologi modern menolak klasifikasi ini, teori kepribadian baru dikembangkan berdasarkan konsep ini, yang disamarkan dengan nama yang berbeda.

Beberapa di antaranya adalah tipe kepribadian yang diklasifikasikan oleh Dr. Helen Fisher, The Explorer, The Negotiator, The Director, dan The Builder, hingga teori Carl Jung mengenai introvert dan extrovert, dilansir dari Psychologia.

Tipe Kepribadian dan Pilihan Karier

Temperamen yang dimiliki merupakan sifat psikologis permanen yang menentukan bagaimana pola pikir, perasaan, dan cara berinteraksi seseorang.

Hal tersebut mencerminkan keputusan dan perilaku, sehingga mengetahui kemampuan dan karakteristik dapat membantu memanfaatkannya.

Keempat tipe temperamen dasar terdiri dari sanguinis, koleris, plegmatis, dan melankolis merupakan empat tipe yang dapat diklasifikasikan lagi, di mana dua yang pertama ekstrovert sedangkan dua yang terakhir dianggap introvert.

Sebagian besar dari kita adalah campuran dari dua temperamen tetapi yang satu tetap mendominasi yang lain, terutama jika seseorang memiliki kombinasi "ekstrovert-introvert".

Berikut adalah masing-masing tipe kepribadian dan bagaimana menggunakannya pada pekerjaan, sebagaimana dilansir dari laman Cleverism:

1. Sanguinis

Sebagian orang dengan tipe kepribadian ini adalah orang yang santai, fleksibel, dan dinamis serta berorientasi pada tugas dan tidak bungkuk dalam berpikir kritis. Lalu, apa kekuatan utama mereka di tempat kerja?

- Percaya diri, tidak tersinggung pada komentar kritis.

- Memiliki keterampilan interpersonal yang luar biasa dan sikap positif untuk bergaul dengan rekan kerja dan klien.

- Berkepala dingin dan produktif, tetapi dapat menjadi kehilangan motivasi dan minat dalam pekerjaan ketika itu menjadi membosankan atau tidak memerlukan tanggung jawab yang jelas.

Sementara, karier yang sempurna untuk para sanguine adalah penjualan atau marketing, hubungan masyarakat, layanan pelanggan, pemasaran, perjalanan, olahraga, dan hiburan.

2. Koleris

Koleris memiliki sikap yang paling ambisius dari semua tipe kepribadian. Namun di sisi lain, mereka adalah pribadi yang mudah tersinggung, kompetitif, berorientasi pada tujuan, memotivasi, dan sering naik ke posisi kepemimpinan.

Contoh sempurna dari tipe kepribadian ini adalah Steve Jobs. Apa kekuatan utama koleris di tempat kerja?

- Penuh energi dan memiliki keterampilan kepemimpinan yang kuat.

- Memulai proyek baru dengan penuh semangat.

- Persuasif dan menarik.

- Jangan biarkan dorongan hati dan amarah mengatur keputusan dan perilaku. Cobalah untuk lebih peduli dan simpatik.

Sementara, karir yang sempurna untuk tipikal kepribadian koleris adalah bisnis, hukum, teknologi, keamanan, manajemen, teknik, dan statistik.

3. Plegmatis

Plegmatis memiliki hidup yang santai dan selaras dengan orang lain. Karakteristik utama dari temperamen ini adalah pengendalian diri, kesabaran, keteguhan kebiasaan, dan efektivitas tinggi. Apa kekuatan utama mereka di tempat kerja?

- Plegmatis merupakan karyawan paling produktif.

- Ketika sampai pada hal-hal yang sulit, mereka selalu mantap pada keputusan dan berkepala dingin.

- Tidak begitu cepat dalam pengambilan keputusan dan selalu dapat untuk tetap berada di jalur.

- Mereka adalah pemain tim, penasaran dan adil.

Karier sempurna untuk para plegmatis adalah keperawatan, pendidikan, psikologi, pekerjaan kantor, peran pembantu, layanan manusia atau sosial.

4. Melankolis

Tipe temperamen melankolis adalah seseorang yang rajin dan akurat, penyendiri yang bijaksana, dan pemikir analitis. Mereka berorientasi pada tugas dan lebih baik bekerja sendiri atau dalam kelompok kecil.

Melankolis tidak suka ketika seseorang mengganggu atau mengalihkan perhatian mereka, sehingga mereka sering memilih karier yang memungkinkan untuk menunjukkan sisi kreatif mereka dengan publikasi yang lebih sedikit dan tidak terburu-buru.

Lalu, apa kekuatan utama melankolis di tempat kerja?

- Mereka memiliki keterampilan analitis dan intuisi yang kuat.

- Mereka bijaksana dan baik-baik saja dengan pekerjaan rutin.

- Keahlian melankolis dalam memecahkan masalah membuat mereka menjadi penasihat yang hebat.

- Bijak dan kreatif.

- Seseorang penyelenggara yang berkelas.

Karier sempurna untuk melankolis adalah penelitian, seni, sains, akuntansi, administrasi, dan pekerjaan sosial.


Baca juga artikel terkait TIPE KEPRIBADIAN MANUSIA atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight