Puan Ditaksir Cak Imin, Prabowo Ingatkan PKB Kesepakatan Koalisi

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 26 Sep 2022 19:35 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Prabowo Subianto mengingatkan Cak Imin mengenai kesepakatan koalisi antara PKB dengan Gerindra.
tirto.id - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tidak mempermasalahkan wacana Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang ingin menjadi cawapres dari Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Menurutnya, Cak Imin telah berdiskusi dengannya mengenai wacana tersebut.

"Ini kan perkembangan berjalan terus. Kami diskusi terus sama beliau," kata Prabowo di Gedung DPR RI pada Senin (26/9/2022).

Menurut Prabowo, apa yang dilakukan Cak Imin adalah haknya dalam berdemokrasi. Namun dirinya mengingatkan kepada Cak Imin mengenai kesepakatan koalisi mereka.

"Itu adalah hak beliau. Tapi kan kami sudah ada kesepakatan. Semua kemungkinan sudah kita hormati," ujarnya.

Sebelumnya, Cak Imin mendoakan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) sekaligus Ketua Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani untuk menjadi presiden. Hal ini disampaikannya saat Puan memberi kejutan untuk Cak Imin yang berulang tahun ke-56.

Kejutan ulang tahun diberikan Puan tersebut diberikan seusai dia bersama Cak Imin berziarah ke makam ayah kandung Puan, Taufiq Kiemas, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, pada hari Minggu (25/9/2022). Cak Imin diketahui memiliki kedekatan dengan almarhum Taufiq Kiemas atau suami Presiden Kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri.

“Saya terima kasih Mbak Puan inget ulang tahun saya. Terima kasih disiapkan kue ulang tahun. Moga-moga doanya terkabul. Dan saya minimal jadi wakil presiden,” kata Cak Imin disambut tawa Puan serta jajaran PDIP dan PKB, dilansir dari keterangan tertulis pada Minggu (25/9/2022).

Wakil Ketua DPR RI itu pun berkelakar harus menyadari posisi perolehan suara PKB yang berada di bawah PDIP, sehingga hanya berharap menjadi orang nomor dua di Indonesia atau wakil presiden (wapres). Cak Imin justru mendoakan Puan agar bisa menjadi presiden. “Ini minimal [jadi wapres]. [Kalau ada yang tanya] ‘ini kok jadi wapres, katanya presiden’, partainya kalah gede,” canda dia.

Dia menuturkan bahwa dirinya dan Puan memiliki hubungan yang cukup hangat. Sebab sejak masa muda telah berjuang bersama dalam politik, sehingga Cak Imin berharap PKB bisa terus berkoalisi dengan PDIP ke depan.

“Dan juga sebagai saudara saya pasti akan support [mendukung] Mbak Puan dalam perjuangan. Pasti,” tegas dia.


Baca juga artikel terkait KOALISI GERINDRA PKB atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Bayu Septianto

DarkLight