Puan di Kamboja, Surpres Panglima TNI Dikirim Senin Pekan Depan

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 24 Nov 2022 15:41 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Penyerahan surpres pergantian Panglima TNI akan diserahkan langsung Mensesneg Pratikno kepada Puan Maharani pada Senin 28 November 2022.
tirto.id - Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar memastikan penyerahan surat presiden (surpres) pergantian Panglima TNI akan dilakukan pada Senin (28/11/2022) pekan depan. Hal tersebut juga telah diinformasikan kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

"Jadi penyerahan surpres Panglima TNI itu akan diserahkan oleh Mensesneg kepada Ibu Puan itu tanggal 28 November," kata Indra saat dihubungi Tirto pada Kamis (24/11/2022).

Surpres diberikan pada Senin mendatang karena menunggu kehadiran Ketua DPR RI Puan Maharani yang saat ini melakukan kunjungan kerja di Phnom Penh, Kamboja.

"Saat ini Ibu Puan menjadi delegasi DPR RI untuk menghadiri 43th General Assembly of ASEAN Inter Parliamentary (AIPA)," jelasnya.

Indra beralasan bahwa posisi Puan Maharani memimpin delegasi sehingga atas urgensi tersebut, surpres dapat diundur dalam pengirimannya ke DPR.

"Tidak jadi disampaikan hari ini, karena Ibu Puan masih memimpin delegasi Indonesia pada sidang parlemen ASEAN atau AIPA di Kamboja," terangnya.

Sebelumnya, Pemerintah berencana mengirimkan Surpres pergantian Panglima TNI ke DPR, Rabu (23/11/2022).

"Kita sudah menghitung bahwa pada hari ini akan dikirim kepada DPR Surpresnya," ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu.

Pratikno belum merinci waktu spesifik pengiriman surpres tersebut. Namun ia memastikan pengiriman surpres hari ini setelah memperhitungkan waktu reses DPR.

Saat disinggung nama kandidat, Pratikno enggan menjawab. Ia menilai biar DPR yang mengungkapkan nama panglima pengganti Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Ia hanya memberi petunjuk bahwa kandidat panglima pasti berasal dari kepala staf atau mantan kepala staf yang pasti aktif.

"Kalau sudah diterima DPR nanti dari DPR lah yang menyampaikan. Kalau calon panglima tni pasti dari kepala staf atau mantan kepala staf yang masih aktif. Kan gitu aja," Kata Pratikno singkat.


Baca juga artikel terkait PERGANTIAN PANGLIMA TNI atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Bayu Septianto

DarkLight