Presiden Joko Widodo menjenguk Arifin Ilham yang sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta pada pada Rabu (9/1/2019) pagi.

Hal ini disampaikan Jokowi usai melantik Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang baru di Istana Negara Jakarta, Rabu (9/1/2019).

"Iya tadi pagi-pagi," kata Jokowi.

Jokowi mengajak seluruh warga mendoakan Arifin Ilham agar segera sembuh.

"Kita semuanya, masyarakat, berdoa, mendoakan agar Beliau cepat sembuh, dan penyakitnya diangkat oleh Allah SWT, disembuhkan dan bisa berkegiatan kembali, berdakwah, bersyiar, memberikan tausiah pada kita," ujarnya.

Menurut ajudannya Ahmad Syuhada, kondisi Arifin Ilham pada Selasa (8/1/2018) sudah berangsur membaik. Ahmad juga membantah kabar bahwa sang ustaz meninggal dunia. Kabar bohong mengenai Ustaz Arifin sempat ramai di dunia maya, membuat keluarga dan kerabat pendiri Majelis Az Zikra itu menyampaikan klarifikasi melalui media sosial.

"Beliau sedang dalam perawatan di RSCM dan berangsur membaik," kata Ahmad membantah kabar hoaks meninggalnya Arifin Ilham.


Sementara itu, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia nonaktif Ma'ruf Amin menjenguk Arifin Ilham. Dalam kesempatan itu, Ma'ruf bersyukur bisa menengoknya.

Ma'ruf juga berharap penyakit Arifin dapat segera sehat karena kiprahnya untuk umat dan bangsa masih dibutuhkan "Alhamdulillah bisa menengok beliau. Beliau dibutuhkan masyarakat untuk berzikir kepada Allah. Tuntunan dan bimbingannya dibutuhkan masyarakat, bangsa dan negara," kata dia.

Ia juga berharap agar penyakit Arifin Ilham dapat segera diangkat. "Agar diberi umur panjang, diangkat penyakitnya," katanya.