Prediksi Persela vs Bhayangkara FC: Ujian Penting Juara Bertahan

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 16 September 2018
Dibaca Normal 1 menit
Mampukah Bhayangkara FC menjaga tren positifnya?
tirto.id - Pertandingan Persela vs Bhayangkara FC dalam lanjutan GoJek Liga 1 akan berlangsung di Stadion Surajaya, Lamongan, Minggu (16/9/2018). Laga ini akan jadi ujian konsistensi bagi juara bertahan Bhayangkara FC yang sedang berada dalam tren baik.

The Guardians yang kini telah mengemas 35 poin menempati peringkat ketiga di klasemen sementara. Paulo Sergio dan kawan-kawan bahkan hanya terpaut tiga angka dari Persib Bandung selaku pemuncak klasemen. Artinya, jika hari ini menang Bhayangkara FC bakal menyamai torehan poin Maung Bandung.

Pelatih Bhayangkara FC, Simon McMenemy menuturkan jika duel kontra Persela Lamongan bakal jadi ujian sesungguhnya. Apalagi, partai yang merupakan bagian dari pekan 22 ini akan dihelat di kandang lawan.

"Akan sangat sulit mempertahankan posisi terbaik di kompetisi yang benar-benar ketat ini. Bukan hanya harus menang di kandang, tapi harus bisa konsisten ketika bermain di kandang lawan," tutur Simon seperti dikutip laman resmi GoJek Liga 1.

Bhayangkara FC akan sedikit diuntungkan dengan absennya kapten sekaligus pilar andalan lini belakang Persela, Wallace Costa. Ia sedang terkena hukuman akumluasi kartu kuning. Absennya Costa jelas merupakan kerugian. Terlebih, pemain tersebut sedang dalam performa moncer, usai mencetak satu gol saat Laskar Joko Tingkir berhadapan dengan Bali United pekan sebelumnya.

Namun, pelatih Persela, Aji Santoso mengatakan jika absennya Wallace tak akan mengurangi kesiapan Persela. Eks pelatih Arema FC itu telah menyiapkan nama pengganti.

"Pertandingan melawan Bhayangkara FC nanti, Wallace tidak bisa dimainkan karena akumulasi kartu kuning. Kami akan menyiapkan penggantinya," papar Aji.

Kemenangan jadi motivasi Persela untuk memperbaiki posisi. Saat ini Laskar Joko Tingkir menempati peringkat 10 dengan torehan 28 poin, hasil tujuh kemenangan, tujuh kali imbang, serta tujuh kekalahan. Jika menang, mereka berpeluang naik ke peringkat delapan, menggeser Persipura yang baru mengemas 30 poin.

Keberhasilan menahan imbang Bhayangkara FC di PTIK pada putaran pertama lalu akan jadi modal berharga bagi Persela. Saat itu kedua tim bermain imbang 1-1, di mana masing-masing gol dicetak Diego Assis serta Paulo Sergio.

Lima Laga Terakhir Persela Lamongan

11/9/2018 Liga 1 Bali United 3-2 Persela Lamongan Kalah
10/8/2018 Liga 1 Persela Lamongan 1-1 PSM Makassar Imbang
5/8/2018 Liga 1 Persebaya Surabaya 3-1 Persela Lamongan Kalah
29/7/2018 Liga 1 Persela Lamongan 3-2 Persipura Jayapura Menang
23/7/2018 Liga 1 Persela Lamongan 1-1 Madura United FC Imbang

Persela dalam tren buruk. Laskar Joko Tingkir hanya sekali menang dalam lima laga terakhirnya. Dua pertandingan berakhir imbang, sementara dua lain berkesudahan dengan kekalahan.

Lima Laga Terakhir Bhayangkara FC

12/9/2018 Liga 1 Bhayangkara FC 1-0 Perseru Serui Menang
13/8/2018 Liga 1 PSIS Semarang 1-2 Bhayangkara FC Menang
3/8/2018 Liga 1 Bhayangkara FC 3-1 PSMS Medan Menang
27/7/2018 Liga 1 Persija Jakarta 1-0 Bhayangkara FC Kalah
21/7/2018 Liga 1 Bali United 2-3 Bhayangkara FC Menang

Bhayangkara FC sedang berada pada tren positif. Empat dari lima laga terakhirnya berakhir dengan kemenangan. Hanya satu yang berkesudahan dengan hasil minor.

Head to Head Persela vs Bhayangkara FC

23/4/2018 Liga 1 Bhayangkara Surabaya 1-1 Persela Lamongan
14/3/2018 Uji Coba Persela Lamongan 1-0 Bhayangkara FC
25/1/2018 Piala Presiden Persela Lamongan 1-1 Bhayangkara FC
27/10/2017 Liga 1 Bhayangkara FC 3-1 Persela Lamongan
17/7/2017 Liga 1 Persela Lamongan 1-3 Bhayangkara FC

Catatan head to head di antara kedua tim relatif mengunggulkan Bhayangkara FC. Dalam lima bentrok terakhir, The Guardians dua kali mengalahkan Persela, sekali kalah, serta dua kali bermain imbang.

Perkiraan Susunan Pemain Persela vs Bhayangkara FC

Persela Lamongan: Muhammad Ridwan; Ahmad Birrul Walidain, Arif Satria, Mochamad Zaenuri, Eky Taufik Febrianto; Syahroni, DIego Assis, Ahmad Subagja Basith; Fahmi Al Ayyubi, Loris Arnaud, Saddil Ramdani.

Cadangan: Alexander, Samsul Arifin, Gusti Rustiawan, Agung Pribadi, Guntur Triaji, Ghivari Faiz, Sugeng Efendi.

Bhayangkara FC: Awan Setho; Putu Gede Juni Antara, Vladimir Vujovic, Indra Kahfi, Alsan Sanda; Lee Yu-joon, Adam Alis, M. Hargianto; Vendry Mofu, Paulo Sergio, Elio Martins.

Cadangan: Wahyu Tri Nugroho, Dany Saputra, Jajang Mulyana, Sani Rizki, Elio Martins, Marinus Wanewar, Herman Dzumafo.

Kickoff pertandingan Persela vs Bhayangkara FC dijadwalkan pukul 15.30 WIB. Jika tak ada perubahan, laga ini disiarkan langsung stasiun televisi nasional Indosiar. Pertandingan ini juga dapat diakses lewat live streaming Vidio.com.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan