Final Piala Dunia 2018

Prediksi Perancis vs Kroasia: Kemiripan Les Bleus 2018 & Era 1998

Oleh: Hendi Abdurahman - 15 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Di Piala Dunia 2018 ada tiga bek Perancis yang mencetak tiga gol, seperti di Piala Dunia 1998.
tirto.id - Piala Dunia 2018 Rusia akhirnya menyisakan dua tim terbaik yang bakal memperebutkan trofi paling bergengsi, Perancis vs Kroasia pada Minggu (15/07/2018) di Stadion Luzhniki, Moskwa, Rusia pukul 22.00 WIB. Jelang final, tada kemiiripan antara Perancis 2018 dengan Perancis di Piala Dunia 1998 saat menjadi juara.

Pertemuan terakhir Perancis vs Kroasia di ajang Piala Dunia terjadi pada 1998 di babak semifinal. Pada laga tersebut, Perancis menang dengan skor 2-1. Dua gol Perancis saat itu diciptakan oleh bek Lilian Thuram setelah sebelumnya Kroasia unggul terlebih dahulu lewat gol Davor Suker.

Hasil tersebut membawa Perancis lolos ke final dan akhirnya menjadi juara setelah mengandaskan Brasil dengan skor 3-0. Itulah kali pertama dan terakhir Perancis menjadi juara Piala Dunia.

Kesempatan untuk mengulang prestasi serupa terbuka lebar pada Piala Dunia 2018. Les Blues mampu melaju ke partai final setelah tak terkalahkan di 6 laga yang telah dilakoni dengan rentetan 5 kali menang dan sekali imbang.

Capaian tersebut masih kalah dengan yang ditorehkan oleh Kroasia yang selalu menang dalam 6 laga di Piala Dunia, akan tetapi dengan catatan, bahwa tim asuhan Zlatko Dalic tersebut 2 kali menang lewat adu penalti dan sekali menang di masa babak perpanjangan waktu 2x15 menit.




Ada kemiripan antara Perancis ketika menjadi juara dunia 1998 dan kini terjadi di Piala Dunia 2018, yakni adanya tiga pemain berposisi bek yang mampu mencetak gol di Piala Dunia.

Pada Piala Dunia 1998, 3 bek yang mampu mencetak gol tercatat atas nama Bixente Lizarazu saat menang atas Arab Saudi 4-0 di fase grup, Laurent Blanc saat menang melawan Paraguay 1-0 di babak 16 besar, dan Lilian Thuram yang berhasil mencetak 2 gol di babak semifinal. Di akhir kompetisi, Perancis menjadi juara.

Pada Piala Dunia 2018, 3 bek Perancis juga menorehkan namanya sebagai pencetak gol di ajang ini. Ia adalah Benjamin Pavard saat menang atas Argentina di babak 16 besar, Raphael Varane kala berhadapan dengan Urugay di babak perempat final, dan Samuel Umtiti yang menjadi penentu kemenangan atas golnya di semifinal melawan Belgia.

Melihat tren tersebut, akankah Perancis kembali menjadi juara Piala Dunia?





"Untuk seorang pemain sepak bola, tidak ada yang lebih indah dari yang kami lakukan di sini [final Piala Dunia]. Tapi mari kita berhati-hati, orang Kroasia juga. Hari ini, kami membutuhkan ketenangan, konsentrasi, dan kepercayaan diri.

"Piala Dunia 1998? Saya bahkan tidak mengatakan sepatah kata pun tentang itu. Itu adalah cerita saya sebagai pemain, satu-satunya hal yang penting adalah hari ini,” ujar Deschamps seperti dikutip FIFA.



Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Hendi Abdurahman
DarkLight